10 Jenis Bunga yang Paling Mudah Perawatannya

10 Jenis Bunga yang Paling Mudah Perawatannya

Indonesia dan negara tropis lainnya dengan musim hujan dan musim kemarau memang dikenal dengan keanekaragaman hayati yang terdapat pada hampir seluruh daerahnya. Memang negara dengan iklim tropis merupakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan tanaman hias ataupun tanaman yang memiliki bunga yang indah, karena matahari bersinar sepanjang tahun dan dikombinasikan dengan curah hujan yang merata sepanjang tahun. Lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan tanaman hias atau tanaman bunga ini menyebabkan berbagai macam dan jenis tanaman bunga dapat tumbuh dan berkembang dengan mudah tanpa perlu perawatan ekstra. Terdapat 10 jenis bunga yang paling mudah perawatannya dan cocok digunakan sebagai penghias taman disekeliling rumah. Apa saja jenis dan macamnya?

Berikut ini 10 jenis bunga yang paling mudah perawatannya karena cukup dengan penyiraman dan sedikit pemupukan, tanaman ini dapat tumbuh dengan subur, sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  1. Asoka
    Bunga asoka merupakan salah satu jenis bunga yang dapat tumbuh subur baik pada panas matahari yang terik atau bahkan ditempat teduh yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Dalam satu pohon asoka bahkan bisa terdapat bermacam warna bunga.
  2. Kembang Kertas (Bougenville)
    Bougenville juga merupakan jenis tanaman berbunga yang memiliki lebih dari satu corak warna dalam satu pohon. Seperti halnya bunga asoka, bougenville juga dapat tumbuh subur pada daerah dengan panas matahari langsung ataupun tempat teduh.
  3. Kembang Sepatu (Hibiscus)
    Kembang sepatu merupakan salah satu jenis dari 10 jenis bunga yang paling mudah perawatannya. Tanaman kembang sepatu sangat mudah tumbuh pada tempat yang terkena matahari langsung. Hanya saja yang menjadi permasalahan adalah tanaman ini bisa tumbuh besar, sehingga penanaman pada pot lebih dianjurkan untuk mengendalikan pertumbuhan dan ukuran tanaman.
  4. Kemuning
    Kemuning merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki ukuran tidak terlalu besar, namun tanaman kemuning memiliki warna putih yang menarik serta mengeluarkan bau yang wangi. Tanaman kemuning dapat tumbuh subur pada daerah dengan panas matahari yang cukup.
  5. Melati
    Seperti halnya kemuning, melati juga memiliki ukuran bunga yang tidak terlalu besar, bahkan terbilang kecil namun memiliki aroma wangi yang memikat. Namun demikian, tanaman ini dapat tumbuh membesar sehingga penanaman dalam pot lebih dianjurkan untuk mengendalikan ukuran tanamannya.
  6. Kenanga
    Kenanga merupakan salah satu jenis dari 10 jenis bunga yang paling mudah perawatannya. Kenanga merupakan bunga yang sangat harum dengan mahkota bunga berwarna kuning dan panjang. Tanaman ini biasa digunakan untuk mengharumkan ruangan karena aroma wanginya yang kuat.
  7. Allamanda
    Allamanda merupakan tanaman bunga yang biasanya tumbuh bergerombol dan mudah tumbuh dan berkembang dengan cepat, namun bunga ini tidak mengeluarkan aroma yang harum. Allamanda biasa ditanam pada pot agar mudah dipindahkan karena memiliki berbagai macam varian warna yang menarik dan sedap dipandang mata.
  8. Bakung (Lily)
    Bunga bakung merupakan tanaman berbunga yang memiliki pertumbuhan yang pesat dan mudah tumbuh dalam lingkungan apapun, bahkan dalam lingkungan dengan panas matahari yang menyengat. Bunga bakung ini memiliki berbagai macam varian warna yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan eksterior taman.
  9. Zephyr
    Salah satu jenis dari 10 jenis bunga yang paling mudah perawatannya adalah tanaman bunga zephyr. Tanaman bunga ini biasanya digunakan sebagai hiasan pada taman yang lebih berfungsi sebagai tanaman pembatas atau pagar. Tanaman bunga ini dapat tumbuh dengan mudah dan tanpa perawatan khusus, namun tidak megeluarkan aroma harum.
  10. Amarilis (Daffodil)
    Amarilis merupakan jenis tanaman yang paling mudah berbunga dan varian warna bunganya juga bervariasi. Tanaman ini mudah tumbuh pada daerah yang tidak terkena panas matahari secara langsung. Sebagian besar penggemar bunga akan menanamnya pada pot karena amariyllis dipercaya dapat mengusir nyamuk atau serangga lain, sehingga mudah dipindahkan pada daerah tertentu.

Demikianlah 10 jenis bunga yang paling mudah perawatannya dan bisa dipertimbangkan sebagai tanaman hias untuk mempercantik penampilan rumah. Beberapa jenis tanaman sebagaimana disebutkan di atas bahkan mengeluarkan aroma yang harum sehingga dapat digunakan sebagai terapi relaksasi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Yuk bergabung bersama banyak moms lain yang sudah menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Klik di sini ya. Tidak ada kata terlambat, rencanakan masa depan moms sekarang.

Speak Your Mind

*