10 Jenis Tanaman Indoor yang Paling Mudah Perawatannya

10 Jenis Tanaman Indoor yang Paling Mudah Perawatannya

Ada 10 Jenis tanaman indoor yang paling mudah perawatannya yang bisa sangat mempermudah anda yang baru saja jatuh cinta dengan hobi berkebun. Kini anda bisa merasakan relaksasi di waktu luang anda dengan menyenangkan karena ternyata tanaman yang anda pilih sangat mudah perawatannya. Jadi, anda tidak perlu khawatir dengan keberlangsungan tanaman anda ketika anda menghadapi jadwal kerja yang sangat padat. Lalu apa sajakah tanaman yang paling mudah perawatannya itu?

Lidah Buaya adalah salah satu tanaman yang boleh anda pertimbangkan. Bukan sekedar penghijau, tanaman yang satu ini juga bermanfaat untuk kulit dan tubuh anda. Dengan fungsi pengobatan yang dimilikinya, anda bisa menambahkannya di kebun anda atau meletakkan potnya di balkon anda.

Dengan perawatan yang tidak rumit, anda bisa memilikinya seperti juga Sansivera yang dapat tumbuh di bawah sinar matahari atau tanpa sinar matahari sedikitpun. Anda juga tidak perlu menyiram tanaman tersebut secara teratur.

Jika sansivera tampil dengan daun panjangnya, tanaman ketiga ini tampil dengan daun panjang melengkung yang dilengkapi bunga kecil berwarna putih di tempat yang cukup tersembunyi karena tersamarkan oleh garis yang melintang di tengah daun yang berwarna putih juga. Tanaman yang cukup terkenal ini dinamakan Tanaman Laba-laba atau Chlorophytum Comosum.

Tanaman ke-4 adalah Croton, yang sesuai untuk anda yang menyukai tanaman dengan bunga. Tanaman cantik yang mudah dirawat ini diperkenalkan pertama kali di Eropa dan di Indonesia dapat beradaptasi dengan cepat di bawah sinar matahari langsung tanpa perlu banyak air.

Tampilkan Pesona Rumah Anda Lewat 10 Jenis Tanaman Indoor yang Paling Mudah Perawatannya

Pilihan yang kelima adalah Cemara Norfolk. Untuk tanaman yang satu ini, anda hanya perlu memastikan kecukupan cahaya karena akan merontokkan daunnya bahkan dari cabang terendah serta membuatnya menjadi coklat dan tidak indah. Anda juga dianjurkan untuk meletakkan cemara ini di tempat yang lembab, supaya terhindar dari tungau dan laba-laba.

Pilihan keenam adalah Sri Rejeki atau Chinese Evergreen. Anda bisa memilihnya untuk mencerahkan ruangan anda dengan daun hijaunya yang dipercantik dengan nuansa perak ke abu-abuan di tengahnya. Yang menjadikannya favorit adalah kemampuannya untuk tumbuh meski anda tidak bisa merawatnya secara teratur apalagi memberikan pupuk, anti hama, atau bahkan menyiraminya. Anda bisa menempatkannya sebagai pengisi area kosong atau mendekorasi tepian dari bangunan.

Jika keenam tanaman tadi belum ada yang memenuhi harapan anda, masih ada Dracaena Fragrans yang mirip pohon suji tetapi lebih sesuai untuk ruangan anda karena bisa ditempatkan di pot besar dengan manis akibat daun lebarnya yang dipermanis garis melebar berwarna kuning di tengah. Daunnya yang menjuntai dengan badan yang tegak akan tampak kokoh menghiasi ruangan anda. Jika anda memiliki hewan peliharaan, sebaiknya lebih berhati-hati, karena tanaman dracaena fragrans ini mengandung racun. Ketika anda juga mulai terganggu dengan ketinggiannya, anda cukup memotong batang bagian bawah sekitar 30-60 cm saja.

Memanfaatkan 10 Jenis Tanaman Indoor yang Paling Mudah Perawatannya Untuk Dekorasi Interior Anda

Anda ingin mencari kebahagiaan lewat hobi bertanam atau meletakkan tanaman di ruangan anda? Pilihlah Daun Bahagia. Tanaman yang juga terkenal dengan istilah Beras Tumpah ini memiliki nama alamiah Dieffenbacchia. Menarik sekali menempatkan tanaman ketujuh ini di ruangan anda karena tampilan daunnya yang rimbun dengan warna putih dan hijau yang berpadu manis dengan batangnya yang seperti batang tebu. Menanam beberapa Daun Bahagia dalam satu pot akan memberikan tampilan manis dari kerimbunannya yang seperti semak. Sentuhan nuansa tropis yang sangat cantik di ruangan anda berbanding terbalik dengan sifat beracunnya yang bisa mengiritasi lidah dan bibir anda cukup berat.

Jika hal ini memberatkan anda, bagaimana dengan pilihan kedelapan, yaitu Lidah Mertua. Daun-daunnya yang panjang seperti pedang mungkin lebih menarik minat anda dan lebih cocok dengan interior ruangan anda secara keseluruhan. Ditambah lagi, anda tidak perlu pusing-pusing merawatnya. Daunnya yang tinggi menjuntai dengan motif unik seperti sisik ular juga membuatnya dijuluki sebagai Snake Plant. Ruangan anda yang cenderung memiliki pencahayaan rendah tidak akan menjadi masalah bagi tanaman ini. Selain itu, jika anda menyiraminya terlalu banyak, akar tanaman ini justru akan mudah menjadi busuk.

Selanjutnya, tanaman kesembilan adalah Philodendron, yang juga menjadi andalan untuk mempercantik ruangan dengan daunnya yang tampil menarik dengan bentuk hati. Sifatnya yang tangguh dan tahan lama meski pencahayaan sangat terbatas membuatnya mudah ditemukan bersanding manis di atas perabotan besar atau ditepian rak buku ruang keluarga sampai perpustakaan pribadi seseorang. Jika anda ingin menciptakan ornamen menara dengan nuansa hijau, anda cukup menancapkan kayu di pot tanaman ini, karena Philodendron memiliki batang yang cukup lihai memanjat moss yang anda tempatkan di potnya. Jika rak buku anda sudah mendapatkan pemanis yang tepat, meja anda pun bisa mendapatkan pencerah dari tanaman ke-9 yaitu Tanaman Abadi atau Tanaman Zee Zee. Tanpa perawatan yang khusus, bahkan pencahayaan yang minim, ternyata masih mampu membuat tanaman ini memanjakan anda dengan tampilan daun tebal berkilau yang sangat mempesona dan seringkali mengecoh yang melihatnya sebagai tanaman plastik. Tidak perlu repot-repot memangkasnya, karena pertumbuhannya yang cukup lambat, meski anda perlu untuk sekedar memangkas batangnya beberapa buah sekali waktu, supaya anda tetap mendapatkan tanaman meja yang sehat dan hijau untuk beberapa minggu kedepan.

Anda mendambakan wewangian alami dari tanaman yang anda tempatkan di ruangan anda?

Berarti pilihlah tanaman ke-10, Tanaman Lilin atau Hoya. Bunganya yang tampil manis dengan warna merah muda memberikan wewangian yang menyempurnakan tampilan daunnya yang hijau berlilin. Tanaman yang sangat sesuai untuk anda yang sering lupa menyiram tanaman ini bahkan bisa menyajikan nuansa keemasan yang memukau. Cukup tempatkan dalam keranjang, dan Hoya akan menjuntai manis, atau tempatkan di topiary untuk memberikannya media merambat atau memanjat yang tepat. Kini anda bisa menikmati pesona tanaman-tanaman luar biasa di ruangan anda tanpa harus kerepotan merawatnya :)

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Speak Your Mind

*