Anakku Mencuri, Ada Apa Ini?

Anakku Mencuri, Ada Apa Ini?

Anakku mencuri, ada apa ini? pasti demikianlah pertanyaan yang seringkali menghampiri orangtua ketika menghadapi kenyataan bahwa anaknya kedapatan mencuri uang atau sesuatu barang. Tentu hal ini membuat Anda akan bereaksi menghadapi kenyataan yang rasanya tidak mungkin anak-anak Anda lakukan diusianya yang masih kecil.
Mengapa fenomena ini bisa terjadi dan bahkan bisa jadi hampir setiap anak pernah mengalaminya? Lalu apa yang harus orang tua lakukan ketika menghadapi masalah ini?

Kenali Apa Sebabnya

Sudah pasti Anda akan berfikir anakku mencuri, ada apa ini? Yang Anda fikirkan sudah benar, Anda berusaha mengenali apa yang terjadi sehingga timbul tindakan yang kurang terpuji ini pada anak Anda. Berikut beberapa alasan yang biasanya anak sebutkan sebagai alasan dari mereka mencuri.

  • Kepemilikan. Anak merasa tertarik dengan jenis mainan tertentu yang dimiliki temannya, namun merasa enggan atau takut untuk meminta pada orangtua karena berpotensi dimarahi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa terkadang orangtua-pun tidak akan secara langsung menuruti apa saja kemauan anak.
  • Bermain lebih lama. Anak ingin bermain lebih lama dengan mainan tertentu dan enggan atau bahkan tidak tahu cara untuk meminjam permainan tersebut, ataupun takut ketika harus minta ijin pada orangtua teman atau pada temannya, sehingga mengambil mainan tanpa ijin pada pemiliknya mungkin dirasakan lebih aman dan lebih baik.
  • Mengambil uang karena ingin membeli mainan atau mentraktir teman.
  • Mengambil uang karena ada anak lain yang membujuk.

Saran Untuk Orang Tua

Sebagai orang tua pastilah kaget dan berfikir anakku mencuri, ada apa ini? Oleh karena itu, apabila orangtua menghadapi permasalahan anak seperti ini segera tangani masalah ini segera. Beberapa saran kepada orang tua adalah jangan memarahi anak yang melakukannya, bicaralah dari hati kehati kepada anak, beri pengertian kepada anak bahwa apa yang ia lakukan merupakan perbuatan yang tidak terpuji karena merugikan orang lain, beri peringatan anak untuk tidak mengulanginya agar si anak tau bahwa ada sanksi atau konsekwensinya atas apa yang ia lakukan, beri penjelasan bahwa bila si anak menginginkan sesuatu maka ia harus belajar untuk memenuhinya dengan cara menabung, orang tua sebaiknya meletakkan uang jangan sembarangan.

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Speak Your Mind

*