Apakah Dahak Adalah Sumber Penyakit?

Apakah Dahak Adalah Sumber Penyakit?

Dahak adalah lendir yang dikeluarkan selaput lendir pada saluran pernafasan. Dahak tentu sering anda alami. Dahak biasanya menggumpal dan berkumpul di tenggorokan. Munculnya dahak ini membuat tidak nyaman pada tenggorokan bahkan dapat menggangu pernafasan. Jika dibiarkan dahak dapat berakibat fatal karena dapat menginfeksi saluran pernafasan bagian atas. Semakin kental dahak, semakin sulit pula untuk bernafas, dan semakin sulit juga untuk dikeluarkan.

Penyebab Dahak

Dahak adalah produksi lendir yang dapat disebabkan berbagai hal. Dahak dapat disebabkan oleh penyakit misalnya influenza, maupun dikarenakan oleh alergi. Dahak juga dapat disebabkan oleh bakteri dan virus seperti pada penyakit bronchitis dan radang paru-paru. Gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok juga merupakan salah satu penyebab dari dahak. Biasanya dokter mengenali penyebab dahak berdasarkan warna serta kekentalan dahaknya. Dahak yang berwarna terang dan encer misalnya merupakan dahak yang ringan atau perlu sedikit perhatian, timbul akibat gejla flu ringan. Dahak berwarna gelap adalah dahak yang disebabkan oleh gaya hidup yang kurag sehat seperti terlalu sering merokok. Dahak yang bernoda darah merupakan dahak yang memerlukan perhatian yang intensif, kemungkinan disebabkan ganguan pernafasan yang parah.

Tips Mengatasi Dahak

Dahak adalah hal yang sering dirasakan oleh manusia. Dahak juga disebabkan oleh berbagai hal. Bagi yang mengalaminya tentu mengalami perasaan tidak nyaman dan ingin segera menghilangkan gangguannya. Beberapa tips menghilangkan dan mengencerkan dahak adalah:

  1. Banyak Minum Air Putih
    Cara yang paling aman dan mujarab untuk mengencerkan dahak adalah dengan banyak minum air putih. Air putih dapat mengurangi kekentalan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan. Agar lebih nyaman, minumlah air putih dalam keadaan hangat sehingga dapat sekaligus menghangatkan tenggorokan anda.
  2. Madu dan Merica Atau Lemon dan Merica
    Madu dan merica merupakan obat dahak yang sederhana. Caranya campurlah 1 sendok madu dengan sejumput merica dan minum 2 kali sehari. Obat batuk lainnya yang mengandung merica adalah campuran lemon dan merica. Caranya taburkan merica dan sedikit garam pada irisan lemon kemudian hisap irisan lemon tersebut. Lemon dan madu juga berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh anda.
  3. Jahe
    Sertakan jahe dalam hidangan serta minuman anda. Jahe merupakan dekongestan alami yang telah digunakan sejak jaman dahulu. Jahe terkenal dapat mengusir dahak dan melegakan tenggorokan sehingga anda dapat bernafas dengan lega.

Beberapa tips tadi merupakan cara tradisional yang alami untuk menghilangkan dahak, tetapi anda tentu juga harus menanggulangi penyebab utamanya. Misal dahak anda karena terlalu sering merokok, maka anda harus megurangi atau menghentikan kebiasaan merokok anda untuk menghilangkan dahak dalam jangka panjang. Tidak dianjurkan mengkonsumsi gula dan susu telalu banyak selama mengalami dahak karena dapat mengentalkan dahak anda. Memang dahak adalah hal biasa sering kita alami, namun jangan pernah mengabaikannya karena dapat mengakibatkan infeksi pada saluran pernafasan anda.

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Speak Your Mind

*