Batuk dan Dahak Berdarah

Batuk dan Dahak Berdarah

Jika anda mengalami batuk disertai dahak berdarah, segeralah memeriksakan diri anda ke dokter. Menurut beberapa ahli batuk yang disertai dahak berdarah dapat merupakan gejala TBC dan kanker paru-paru. Darah yang keluar beserta dahak dan batuk disebabkan karena  saluran- saluran kecil yang terdapat di alveolus pecah. Hal inilah  yang menyebabkan timbulnya darah pada saluran pernafasan.

Beberapa Penyakit Yang Menimbulkan Dahak Berdarah

  1. TBC. 30% kasus batuk berdarah disebabkan oleh penyakit TBC. Gejala penyakit TBC yang parah adalah batuk berdarah karena pecahnya pembuluh darah pada saluran pernafasan
  2. Kanker. Pertumbuhan tak terkendali dari sel kanker di paru-paru dapat merusak jaringan lainnya dalam saluran pernafasan. Hal tersebut dapat menimbulkan darah keluar sehingga terjadi gejala dahak yang berdarah.
  3. Batuk disertai flu yang parah. Batuk flu ringan biasanya memiliki gejala batuk dengan dahak yang berwarna hijau bening. Namun apabila tak kunjung sembuh bahkan menjadi-jadi tidak jarang dahak akan semakin menjadi merah karena batuk yang terlalu sering dan keras hingga pembuluh darah di saluran pernafasan menjadi pecah.
  4. Infeksi saluran pencernaan. Darah pada dahak juga dapat disebabkan oleh infeksi saluran pencernaan. Infeksi tersebut dapat disebabkan oleh bakteri maupun virus.

Tips Mengatasi Batuk Serta Dahak Berdarah

Orang yang terkena penyakit dahak berdarah biasanya menunjukan gejala muka berwarna pucat. Suhu tubuh mencapai 40 derajat celcius, lemas dan kurang nafsu makan. Untuk tips pencegahan dan penanggulangan adalah sebagai berikut:

  1. Makan makanan bervitamin. Untuk tindakan pencegahan anda dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin. Vitamin A, C dan E dapat menjadi kunci untuk mencegah penyakit yang menyebabkan batuk dan dahak mengandung darah.
  2. Madu. Madu juga dapat mengurangi batuk yang dapat menyebabkan batuk dan dahak mengandung darah. Selain itu madu juga mengandung anti oksidan yang dapat menjaga daya tahan tubuh.
  3. Kunyit dan kencur. Keduanya adalah obat batuk berdahak yang alami. Caranya adalah dengan cara merebus kunyit dan kencur dengan air, kemudian meminum air rebusannya 2 kali sehari.
  4. Mintalah saran dokter. Yang tidak boleh anda lupakan jika mengalami batuk disertai dahak yang mengandung darah adalah anda harus segera memeriksakannya ke dokter. Mintalah saran dokter mengenai apa yang harus anda lakukan, karena pemeriksaan yang intensif adalah cara yang paling tepat untuk menemukan solusi dari penyakit yang anda derita.

Dahak berdarah dapat disebabkan berbagai penyakit. Beberapa diantaranya adalah penyakit berbahaya seperti kanker dan TBC. Jika anda mengalaminya sangat disarankan anda segera ke dokter agar masalah batuk berdarah anda segera teratasi.

Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Yuk bergabung bersama banyak moms lain yang sudah menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Klik di sini ya. Tidak ada kata terlambat, rencanakan masa depan moms sekarang.

Speak Your Mind

*