Beberapa Penyebab dan Gejala Kanker Serviks yang Perlu Diwaspadai

Beberapa Penyebab dan Gejala Kanker Serviks yang Perlu Diwaspadai

Penyebab dan gejala kanker serviks sesungguhnya cukup mudah untuk dikenali, sama seperti istilah kanker serviks yang sering anda dengar. Bagi wanita, kanker mulut rahim ini cukup menghantui. Perlu anda pahami bahwa, kanker ini muncul ketika virus HPV menyerang organ reproduksi sebagai pintu masuk rahim. Meski awalnya hanya menjangkiti leher rahim, tetapi pada stadium lanjut biasanya ditemukan bahwa organ lain di sekujur tubuh juga sudah terserang. Mengingat jenis kanker ini adalah jenis yang paling tinggi tingkat kematiannya terutama pada wanita, anda perlu mendeteksi gejalanya dan mengetahui penyebabnya sedini mungkin, demi keselamatan anda sendiri. Human Papilloma Virus atau virus HPV tipe 16 dan 18 adalah biang dari kanker ini, selain pencemaran bahan kimia dan kondisi terpapar radiasi yang terjadi terlalu lama. Virus ini juga bisa ditularkan lewat hubungan seksual, jadi setialah pada satu pasangan, karena penggunaan kondom pun terbukti tidak efektif untuk melindungi anda.

 

Penyebab dan Gejala Kanker Serviks pada Stadium Lanjut

Jika anda bertanya-tanya tentang gejala dari kanker ini, sayangnya anda tidak akan mendapat jawaban yang pasti untuk gejala tahap awal. Jadi, lebih baik anda mengambil tes pap smear setidaknya sekali dalam dua tahun. Untuk gejala fisik yang bisa dirasakan, biasanya dialami oleh pasien yang sudah memasuki stadium lanjut, seperti: perdarahan atau sakit ketika berhubungan seksual, keputihan yang terlalu banyak dan tidak normal, perdarahan diluar periode menstruasi, berat badan yang turun drastis, sulit buang air kecil, ginjal yang membesar, dan nyeri punggung jika sudah terjadi penyebaran kanker sampai ke panggul. Penyebab Dan Gejala Kanker Serviks juga perlu diperhatikan oleh perokok, karena penelitian menemukan bahwa perokok lebih beresiko terserang kanker serviks. Hal ini mungkin terjadi karena racun yang terkandung dalam asap rokok yang masuk ke dalam aliran darah bersama nikotin menumbuhkan sel-sel yang tidak normal di dalam rahim.

 

Hubungan Seksual Sebagai Penyebab dan Gejala Kanker Serviks

Jika anda bukan seorang perokok, resiko akan datang pada anda di rentang usia 35-50 tahun, dengan resiko dua kali lipat lebih besar pada perempuan yang sudah aktif berhubungan seksual sejak berusia dibawah 16 tahun. Selain itu, berhubungan dengan banyak pasangan yang berbeda juga meningkatkan resiko anda, sama halnya dengan seringnya anda mengalami kehamilan. Virus HPV juga cenderung menyerang mereka yang mengalami gizi buruk, mendapat hasil di luar batas normal dalam tes pap smear, serta terdeteksi mengidap virus HIV. Sebaiknya anda juga lebih berhati-hati jika sedang menjalani diet, karena kekurangan vitamin A, C, dan E yang terjadi setiap hari akan menurunkan tingkat imun tubuh anda sehingga mudah terserang virus HPV. Beberapa informasi Penyebab Dan Gejala Kanker Serviks ini semoga bisa menyelamatkan lebih banyak wanita dari resiko kanker serviks.

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Speak Your Mind

*