Bisakah Melahirkan Secara Normal, Setelah Pernah Caesar?

Bisakah Melahirkan Secara Normal, Setelah Pernah Caesar?

Bisakah melahirkan secara normal, setelah pernah Caesar? Tentu saja bisa, karena secara umum risiko terjadinya hal-hal buruk hanya 3.7 %. Meskipun begitu, keputusan untuk bisa lahir normal harus dikeluarkan oleh dokter, karena banyak pertimbangan medis yang jika terabaikan akan berisiko menghilangkan nyawa ibu dan bayi. Komplikasi utama yang mungkin terjadi adalah robek pada bagian bawah rahim. Jadi, sangat penting bagi dokter untuk mempertimbangkan tebalnya dinding pada segmen bawah rahim, tehnik operasi Caesar yang anda dapatkan pada saat melahirkan sebelumnya, jumlah dari air ketuban anda, tidak adanya lilitan dari tali pusat ke bayi, usia anda, kondisi kesehatan anda secara umum, kenormalan posisi bayi, ukuran bayi, dan kapasitas panggul anda.

Jadi, jika anda bertanya-tanya, bisakah melahirkan secara normal, setelah pernah Caesar? Jawabannya akan memperhatikan beberapa pertimbangan berikut demi kelangsungan hidup anda dan bayi tercinta:

Periksa dan Pastikan Dahulu Kondisi Kesehatan Anda dan Bayi

Jika usia anda sudah kepala 4, bisakah melahirkan secara normal, setelah pernah Caesar? Risiko anda untuk melahirkan secara normal dengan sukses memang kecil, apalagi ditambah keberadaan bayi kembar yang memperbesar resiko robeknya rahim anda. Anda juga lebih baik tidak memaksakan untuk melahirkan normal jika ternyata posisi bayi tidak semestinya dengan berat lebih dari 4 kg. Biasanya dokter akan memeriksa rekam medis anda untuk mencari keberadaan kontraindikasi dalam riwayat kesehatan anda. Jika tidak ada kontraindikasi, baru kemudian dilakukan percobaan melahirkan secara pervaginam untuk menemukan score keberhasilan melahirkan normal. Apabila score tinggi, bisakah melahirkan secara normal, setelah pernah Caesar? Tunggu dulu, selanjutnya anda bisa menjalankan percobaan partus di rumah sakit yang handal. Pilihlah rumah sakit yang memiliki fasilitas lengkap dalam pelayanan kebidanan, seperti layanan untuk ibu hamil berisiko tinggi, memiliki alat monitor janin elektronik, pelayanan anestesi non-stop serta dokter ahli bedah khusus kebidanan yang dapat menyiapkan operasi Caesar dalam 18 menit pada kondisi darurat.

Pastikan Anda Melakukannya Dengan Dampingan Dokter dan Rumah Sakit Yang Handal

Banyak ibu yang sering melontarkan pertanyaan: bisakah melahirkan secara normal, setelah pernah Caesar? Biasanya ini karena pengalaman operasi sebelumnya yang meninggalkan rasa nyeri di bekas jahitan yang cukup lama akibat terpotongnya syaraf-syaraf, meskipun hal ini tidak berbahaya. Anda memang masih memiliki kesempatan untuk merasakan kelahiran normal, asalkan indikasi tidak berulang, ada jeda selama minimal 2 tahun dari kelahiran pertama, ketebalan dinding rahim minimal 3mm pada bagian yang dulu disayat, bayi dalam posisi normal, dan pertimbangan lainnya yang sudah dijabarkan di atas.

Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Yuk bergabung bersama banyak moms lain yang sudah menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Klik di sini ya. Tidak ada kata terlambat, rencanakan masa depan moms sekarang.

Speak Your Mind

*