Cara Menambah Nafsu Makan

Cara Menambah Nafsu Makan

Seperti mesin yang membutuhkan bahan bakar untuk bergerak, manusia juga membutuhkan makanan sebagai asupan energi sehingga dapat bergerak dan melakukan aktivitasnya sehari-hari. Namun, ada kalanya ada orang yang kurang atau bahkan tidak memiliki nafsu makan. Kasus ini ini juga banyak diderita anak-anak sehingga tak jarang akan membuat seseorang kekurangan gizi. Kehilangan nafsu makan yang dibiarkan terus menerus akan berdampak buruk bagi kesehatan,  menurunkan energi dan pada akhirnya akan membuat tubuh sakit yang akan melemahkan organ gerak. Ada beberapa cara yang akan menambah nafsu makan, diantaranya adalah :

  1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung kaya kalium, besi dan magnesium serta makanan yang mengandung aktioksidan tinggi sehingga tubuh memiliki kekebalan tubuh pada saat proses meningkatkan nafsu makan yang pada akhirnya bertujuan meningkatkan bobot tubuh.
  2. Berolahraga akan membantu meningkatkan nafsu makan karena kalori tubuh terbakar, otomatis tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak untuk memerintahkan lapar.
  3. Memilih makanan yang menjadi kesukaan anda merupakan cara efektif untuk menambah nafsu makan. Namun, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan mengkonsumsi buah dan sayuran sehingga kesehatan alat pencernaan tetap dapat terjaga. Dengan alat pencernaan yang sehat, maka nafsu makanpun akan selalu ada .
  4. Meningkatkan mood.
    Perasaan bahagia yang meningkat akan dapat membantu menambah nafsu makan.  bahkan menurut  Dr. Lee S. Berk dan Dr. Jerry Petrofsky dari Loma Linda University mengemukakan satu pendapat bahwa terdapat pengaruh antara tertawa dengan nafsu makan seseorang.
  5. Mengkonsumsi makanan dengan dengan porsi kecil frekuensi yang jauh lebih banyak , namun  mengandung tinggi kalori merupakan cara yang cukup efektif agar tubuh selalu mendapat asupan makanan
  6. Menghindari asupan cairan sebelum makan.
    Ada banyak penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi cairan sebelum makan (2-4 gelas air) akan menurunkan nafsu makan dan menurunkan berat tubuh.
  7. Mengkonsumsi jamu tradisional atau herbal yang akan membantu meningkatkan nafsu makan seperti mengkonsumsi temulawak, kunyit atau kenikir.

Itulah beberapa tips menambah nafsu makan secara alami yang dapat diterapkan. Apabila dengan melakukan beberapa hal tersebut, namun nafsu makan tak kunjung dapat diperbaiki sehingga bobot tubuh terus menerus turun, maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter sehingga dapat dipastikan penyebab rendahnya nafsu makan . selamat mencoba, semoga berhasil.

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Speak Your Mind

*