Cara Mengatasi Anak Susah Tidur

Cara Mengatasi Anak Susah Tidur

Ibu pastinya pernah mengalami anak yang rewel ketika memasuki waktu tidurnya, anak akan terlihat lebih gelisah. Ini membuat Ibu kebingungan heran apa yang terjadi pada buah hatinya. Insomnia atau gangguan waktu tidur, sebenarnya tidak hanya dialami oleh orang dewasa, tetapi juga dapat menyerang anak-anak. Gangguan susah tidur yang terjadi pada anak sebagian besar disebabkan oleh gangguan psikologis, emosional atau kelelahan fisik. Bagaimanakah kiat dan tips cara mengatasi anak susah tidur?

Kiat dan Tips

Kebingungan yang terjadi pada Ibu dapat dihilangkan dengan mengetahui beberapa cara mengatasi anak susah tidur.

  • Cerita.
    Membacakan dongeng atau cerita pengantar tidur barangkali merupakan salah satu cara yang paling mudah. Namun demikian, hendaknya jenis cerita yang dibacakan tidak terlalu panjang ataupun dengan tema cerita yang menyeramkan.
  • Terlalu lelah.
    Hindari agar anak tidak terlalu lelah sebelum berangkat tidur. Menurut salah seorang pemerhati kesehatan anak, dikatakan bahwa anak yang terlalu lelah atau banyak beraktifitas menjelang waktu tidurnya, justru menyebabkan penumpukan asam laktat yang menyebabkan anak susah tidur.
  • Membasuh tubuh.
    Sekedar membasuh sebagian tubuh seperti wajah, telinga, rambut, tangan hingga kaki memberikan efek yang menenangkan urat syaraf serta menyegarkan tubuh. Mungkin menyeka seluruh tubuh menggunakan air hangat bisa juga dijadikan pertimbangan orangtua.
  • Coklat atau susu hangat.
    Meminum segelas coklat atau susu hangat sebelum berangkat tidur bisa juga dipertimbangkan. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, dikatakan bahwa coklat mengandung senyawa flavonoid dan epicatechins yang bermanfaat untuk memicu kelenjar hipofisa pada otak untuk melepaskan hormon penenang urat syaraf.
  • Pencahayaan.
    Beberapa anak mungkin saja mengalami gangguan tidur dengan pencahayaan yang terlalu terang. Pencahayaan yang terang ini bisa saja berasal dari cahaya lampu kamar tidur atau bahkan cahaya yang berasal dari televisi. Usahakan untuk merubah sistem pencahayaan atau bahkan apabila memiliki televisi di kamar, usahakan untuk mematikannya.

Demikianlah beberapa kiat dan tips cara mengatasi anak susah tidur yang sebaiknya perlu diketahui orangtua berdasarkan penyebabnya. Penggunaan obat-obatan penenang atau sedatif merupakan alternatif pilihan terakhir yang hanya terpaksa dilakukan menurut petunjuk dokter atau ahli medis untuk mengatasi insomnia pada anak. Semoga bermanfaat.

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Speak Your Mind

*