Cara Mengurangi Nafsu Makan yang Berlebihan

Cara Mengurangi Nafsu Makan yang Berlebihan

Memiliki nafsu makan pada dasarnya sangat bagus karena dapat menjaga kesehatan. Namun akan tidak baik bila tidak mampu mengeremnya. Bukan kesehatan yang didapat, melainkan badan melebar, dan berbagai penyakit akan mendatangi.

Memang sih, rasanya sayang bila ‘cuekin’ makanan di hadapan mata yang melambai-lambai.

Apalagi pada waktu menghadiri pesta, atau sekedar ditraktir teman.

Mubazir, katanya. Akan tetapi, daripada harus sakit disebabkan oleh semua yang menggiurkan itu, sudah tentu kita lebih memilih makan enak juga tetap sehat, bukan?

Nah, agar mendapatkan keduanya, kita harus menstabilkan nafsu makan, tidak menurun, apalagi berlebihan. Bagaimana caranya?

  1. Biasakan mengatur pola makan setiap hari. Sebagian orang makan menunggu lapar. Sehingga saat perut dalam kondisi kosong, tidak dapat menghentikan nafsu makannya.
  2. Mengutamakan sarapan dapat membuat orang berproduktif sehingga tidak akan merasa lapar hingga tiba waktu makan selanjutnya.
  3. Membiasakan menakar porsi makan juga dapat mencegah nafsu makan yang berlebih. Bila lambung sudah terbiasa menerima porsi yang terukur, tidak akan tergoda meski ada makanan di depan mata. Biasanya bila berlebihan, justru akan membuat lambung ‘sebah’ atau terasa penuh.
  4. Memperbanyak makan sayuran dan buah-buahan pada waktu makan utama maupun waktu makan selingan dapat mengatur nafsu makan.
  5. Tidak menyajikan makanan berlebihan pada meja makan karena dapat memicu nafsu makan. Apalagi bila jenisnya makanan manis maupun goreng-gorengan.
  6. Biasakan minum air mineral sebelum mengkonsumsi makanan. Hal ini dapat menekan nafsu makan. Dengan lambung yang sudah terisi cairan, daya terima makanan akan berkurang. Sehingga yang biasa makan banyak, akan menghabiskan lebih sedikit porsinya.
  7. Mengunyah secara perlahan dan mengikuti standar kunyahan sebanyak 32 kali. Hal ini dapat membuat makanan yang masuk lebih sedikit dan cepat kenyang. Berdasarkan sebuah penelitian, makan secara perlahan dan lama mengunyah dapat mengurangi asupan makan hingga 70 kalori.
  8. Pilihlah makanan karbohidrat yang berserat tinggi seperti gandum. Makanan ini walau dimakan dalam jumlah kecil, dapat mengenyangkan.

Semoga kedelapan poin di atas dapat kita terapkan demi menjaga kesehatan.

Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Yuk bergabung bersama banyak moms lain yang sudah menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Klik di sini ya. Tidak ada kata terlambat, rencanakan masa depan moms sekarang.

Speak Your Mind

*