Dampak Tulang Hidung Bengkok Terhadap Kecerdasan Anak

Dampak Tulang Hidung Bengkok Terhadap Kecerdasan Anak

Mungkin banyak orangtua yang belum menyadari beberapa akibat buruk yang bisa saja terjadi akibat tulang hidung bengkok atau deviasi septum nasal pada anak. Selain mengganggu penampilan dan estetika wajah, ternyata menurut beberapa penelitian yang pernah dilakukan, dikatakan bahwa dampak tulang hidung bengkok terhadap kecerdasan anak juga bisa saja terjadi, terutama yang berhubungan dengan sensor sensorik dan kognitif melalui rangsang suara. Gangguan rangsang suara ini memang jarang sekali disadari, karena tidak dapat terlihat dengan pengamatan secara fisik. Apa saja jenis dan macam dampak kecerdasan yang mungkin timbul akibat deviasi septum nasal pada anak?

Berikut beberapa jenis dan macam dampak tulang hidung bengkok terhadap kecerdasan anak sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Gangguan konsentrasi
    Tulang hidung yang bengkok bisa memicu terjadinya rasa nyeri di kepala dan sekitar mata. Rasa nyeri ini bisa saja menyerang tiba-tiba dan bahkan berulang dalam periode tertentu. Jika ini terjadi, maka fokus dan konsentrasi anak akan mengalami gangguan dan berakibat pada menurunnya tingkat kecerdasan anak.
  • Gangguan asupan oksigen
    Menurut beberapa sumber medis, deviasi septum nasal atau penyimpangan tulang hidung ini bisa memicu terjadinya kesulitan atau gangguan pernapasan, utamanya dalam proses pengambilan oksigen. Gangguan asupan oksigen dalam aliran darah yang menuju ke otak ini dapat mengurangi efektifitas otak dalam menerima, mengolah dan memproses informasi.
  • Infeksi dan komplikasi
    Masih menurut sumber yang sama, dikatakan bahwa tulang hidung yang bengkok bisa saja memicu terjadinya infeksi telinga bagian tengah, karena penyumbatan ostium sinus yang memiliki saluran yang berhubungan dengan telinga bagian tengah pengendali respon motorik dan kognitif anak.

Menyadari begitu banyak dan kompleksnya dampak tulang hidung bengkok terhadap kecerdasan anak yang ternyata bisa jadi sangat merugikan bagi kehidupannya kelak, ada baiknya jika orangtua segera melakukan tindakan koreksi deviasi septum nasal dengan tindakan bedah agar gangguan yang ditimbulkan tidak semakin merugikan. Dokter akan melakukan tindakan bedah yang tepat setelah sebelumnya melihat hasil nasoendoskopi ataupun CT Scan. Semoga bermanfaat.

Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Yuk bergabung bersama banyak moms lain yang sudah menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Klik di sini ya. Tidak ada kata terlambat, rencanakan masa depan moms sekarang.

Speak Your Mind

*