Jenis Tanaman Bunga Hias

Jenis Tanaman Bunga Hias

Jenis tanaman bunga hias di Indonesia amat beranekaragam. Jenisnya mulai dari tumbuhan yang merambat, menjalar, menjuntai, rerumputan penutup tanah, berupa herbal diantara perdu atau semak belukar, hingga pohon yang tinggi menjulang. Salah satu diantaranya adalah rumpun Agronema. Jenisnya beraneka-rupa, misalnya: Adenium (Kamboja), Avonika, Brasilia, Bougenviel, Bunga Sepatu, Divent, Gelombang Cinta, Germani, Hokeri, Super Red, dan Supplir. Yang paling populer dan paling banyak diburu orang adalah jenis Super Red. Harganya terjangkau, Rp 45 ribu per pot.

Jenis tanaman bunga hias lainnya adalah bunga Adenium. Yang paling diburu kolektor yaitu jenis Adenium arabicum, Adenium socotranum, Adenium somalense, dan Adenium obesum. Adenium arabicum disukai karena bonggolnya yang unik dan artistik. Adenium socotranum daunnya berwarna kecoklatan, mengkilap seperti plastik, tepi daun melengkung ke bawah. Sayangnya sulit didapatkan dan harganya mahal. Adenium somalense dan Adenium obesum (bunga blorok) diburu juga karena keindahan nuansa bunganya dan cukup mudah perawatannya.

Jenis tanaman bunga hias untuk perawatannya cukup mudah. Hindarkan dari sinar matahari secara langsung. Untuk pemupukan, cukup dipupuk dengan pupuk alami (pupuk kompos atau pupuk kandang). Saat menyiraminya, secukupnya, dan jangan berlebihan. Kualitas air yang dipakai untuk menyiraminya harus diawasi dengan ketat. Sebab siapa tahu bercampur dengan minyak, kaporit, atau zat kimia lainnya.

Jenis tanaman bunga hias dipilih dengan persyaratan tertentu, seperti: bentuk, tekstur, ukuran, warna, tampilan fisik, langka tidaknya spesies, keunikan, mudah tidaknya perawatan, dan tentu saja harga. Semua kriteria ini penting, selain untuk kepuasan pribadi, mempercantik halaman, tentunya juga demi kelestarian alam dan lingkungan. Dengan menanam jenis tanaman bunga hias spesies langka, secara tidak langsung kita juga menjaga spesiesnya dari kepunahan. Jadi, kalau mau mencoba menanam salah satu jenis tanaman bunga hias, mulailah dari sekarang, dan jangan pernah takut untuk mencobanya.

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Comments

  1. Selamat siang, makasih atas sharenya, bermanfaat banget buat Saya, kalau ada photo bunganya ditampilkan jg dong Mba’.. heeee

    Salam kenal ya,,,

Speak Your Mind

*