Kapan Hubungan Seks yang Tepat Pasca Melahirkan

Kapan Hubungan Seks yang Tepat Pasca Melahirkan

Sebagai seorang ibu yang baru melahirkan mungkin seks akan menjadi hal terakhir yang ada di pikiran Anda. Dengan adanya buah hati yang baru lahir akan membawa Anda ke dalam sebuah rutinitas yang baru. Mengurus buah hati dari mulai memandikan, menyusui, menggantikan popok, dan mengurus semua keperluan bayi Anda akan menjadi aktifitas yang menyenangkan bagi Anda. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan seksual juga penting untuk menjaga hubungan harmonis dengan pasangan dan rumah tangga Anda. Namun, Kapan Hubungan Seks yang Tepat Pasca Melahirkan?

Seusai melahirkan tubuh Anda akan mengalami banyak perubahan. Rasa lelah yang Anda rasakan pasca persalinan akan bertambah dengan rutinitas yang baru dengan adanya buah hati yang membutuhkan perawatan Anda. Dalam kondisi ini Anda memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri baik dengan rutinitas baru, perubahan tubuh dan juga rasa lelah yang tidak perlu diragukan.

Kembali menikmati seks pasca melahirkan dapat menimbulkan ketakutan tersendiri bagi Anda yang baru saja melahirkan. Kekhawatiran akan luka jahitan vagina bagi Anda yang menjalani persalinan normal, maupun luka sayatan pada perut bagi Anda yang menjalani persalinan caesar seringkali menjadi alasan utama ketakutan Anda menghadapi seks pasca melahirkan. Cara mudah untuk mengetahui waktu kapan hubungan seks yang tepat pasca melahirkan adalah dengan berkonsultasi dengan dokter yang akan memberitahu Anda kapan tubuh Anda siap untuk kembali menikmati waktu-waktu intim berdua dengan suami Anda.

Hal-hal lain yang juga dapat menjadi acuan untuk menentukan Kapan Hubungan Seks yang Tepat Pasca Melahirkan adalah:

Perubahan Tubuh
Setelah melahirkan tubuh Anda memerlukan waktu untuk penyembuhan. Secara medis diperlukan waktu kurang lebih 5-7 minggu pasca persalinan untuk menuntaskan pendarahan yang dialami pasca melahirkan, waktu untuk leher rahim kembali menutup, dan juga waktu untuk penyembuhan luka jahitan pasca melahirkan. Beberapa wanita juga perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan tubuh dan kondisi fisik yang mungkin belum kembali pulih. Asupan nutrisi yang tepat dan pilihan menu diet seimbang bisa menjadi alternatif untuk membantu pemulihan kondisi fisik Anda.

Kondisi Mental
Kondisi mental Anda juga perlu dipertimbangkan. Setelah melalui persalinan yang berat sebagian wanita bisa mengalami trauma karena rasa sakit yang dialami saat persalinan. Di sisi lain sebagian ibu merasa tidak siap melakukan hubungan intim karena kurang percaya diri dengan bentuk tubuhnya pasca melahirkan. Alasan lain yang biasa terjadi adalah rasa takut kembali hamil jika melakukan hubungan intim. Untuk mengatasi masalah mental ibu pasca melahirkan, sebaiknya Anda berkomunikasi dengan suami secara terbuka, dan jika diperlukan konsultasikan dengan dokter Anda. Tetap bersikap tenang dan cobalah beristirahat di sela-sela waktu sibuk Anda.

Jenis Persalinan
Jenis persalinan yang Anda jalani saat melahirkan bayi Anda juga menentukan waktu kapan hubungan seks yang tepat pasca melahirkan. Proses penyembuhan persalinan normal umumnya membutuhkan waktu yang lebih singkat dari waktu penyembuhan persalinan secara caesar.

Kontrasepsi
Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat menentukan kapan hubungan seks yang tepat pasca melahirkan adalah setelah Anda memutuskan dan menggunakan salah satu alat kontrasepsi yang pas untuk Anda dan pasangan Anda. Setelah melahirkan bahkan sebelum Anda pulang dari rumah sakit sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter mengenai kontrasepsi yang pas untuk Anda. Dengan bantuan alat kontrasepsi Anda akan lebih tenang membahagiakan suami Anda tanpa rasa takut kembali hamil sesaat setelah Anda melahirkan.

Nikmatilah waktu indah Anda bersama suami tercinta dengan tanpa rasa takut dan khawatir dengan kondisi Anda pasca melahirkan. Dan hadirnya sang buah hati akan menambah kebahagian dalam rumah tangga Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menentukan kapan hubungan seks yang tepat pasca melahirkan.

Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Yuk bergabung bersama banyak moms lain yang sudah menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Klik di sini ya. Tidak ada kata terlambat, rencanakan masa depan moms sekarang.

Speak Your Mind

*