Kenali Penyebab dan Gejala Penyakit Sinusitis

Kenali Penyebab dan Gejala Penyakit Sinusitis

Menurut berbagai jurnal medis yang pernah dipublikasikan, dikatakan bahwa sinusitis merupakan suatu kejadian peradangan atau pembengkakan yang menyerang dan menginfeksi jaringan yang melapisi sinus, sehingga sinus berisi cairan atau bahkan kuman dan bakteri. Sinus yang berisi kombinasi cairan dan bakteri atau virus, akan menyebabkan gangguan kesehatan secara serius yang sebaiknya mendapatkan penanganan tepat dan segera. Oleh karena itu, kenali penyebab dan gejala penyakit sinusitis dengan baik agar tidak terlambat melakukan tindakan penanganan. Apa saja jenis dan macam penyebab serta gejala yang timbul akibat sinusitis?

Berikut beberapa jenis dan macam hal penting tentang kenali penyebab dan gejala penyakit sinusitis sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Deviasi septum nasal
    Deviasi septum nasal atau penyimpangan tulang hidung atau sering disebut juga sebagai tulang hidung bengkok, merupakan salah satu penyebab terjadinya sinusitis. Menurut beberapa penelitian yang pernah dilakukan, dikatakan bahwa sinusitis yang dipicu oleh deviasi septum nasal disebabkan tersumbatnya saluran ostium sinus. Gejala yang mungkin timbul akibat deviasi septum nasal adalah timbulnya rasa nyeri pada dahi atau sakit kepala.
  • Infeksi gigi
    Infeksi gigi yang terjadi pada gigi geraham atas, baik geraham bungsu atau geraham utama. Menurut beberapa penelitian yang pernah dilakukan, dikatakan bahwa terjadinya infeksi pada geraham atas ini akan dapat menyebar melalui jaringan akar gigi hingga ke sinus maksilaris yang terdapat pada tulang pipi tepat di samping tulang hidung. Gejala yang ditimbulkan akibat infeksi gigi adalah rasa nyeri pada pipi yang menjalar hingga tulang pipi bagian belakang telinga. Oleh karenanya, kenali penyebab dan gejala penyakit sinusitis dengan benar agar tidak keliru mengkonsumsi obar pereda nyeri.
  • Alergi dan flu
    Alergi udara dingin, asap ataupun flu biasa yang disertai dengan keluarnya ingus akibat peradangan dan pembengkakan daerah ujung-ujung syaraf pada dinding sinus, bisa saja memicu terjadinya sinusitis. Gejala yang nungkin timbul adalah nyeri pada belakang mata, puncak kepala atau pada tengkuk.
  • Bakteri dan virus
    Beberapa jenis bakteri, virus atau bahkan jamur dapat memicu terjadinya sinusitis. Gejala yang mungkin timbul akibat infeksi virus, bakteri ataupun jamur adalah keluarnya lendir atau ingus yang berwarna kuning hingga kehijauan dengan disertai bau busuk atau kurang sedap. Selain itu, post nasal drip atau turunnya lendir kental berwarna kehijauan pada tenggorokan juga bisa saja terjadi.

Demikianlah beberapa hal penting kenali penyebab dan gejala penyakit sinusitis yang hendaknya perlu diperhatikan dengan baik. Segera lakukan tindakan medis yang tepat dengan cara konsumsi obat pencegah dan pengendali infeksi dan peradangan agar bakteri ataupun jamur pemicu sinusitis ini bisa segera dibunuh dan dikeluarkan dari jaringan tubuh. Tindakan penanganan yang kurang tepat, bisa saja memicu terjadinya sinusitis kronis yang berlangsung lama dan justru lebih berbahaya. Semoga bermanfaat.

Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Yuk bergabung bersama banyak moms lain yang sudah menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Klik di sini ya. Tidak ada kata terlambat, rencanakan masa depan moms sekarang.

Speak Your Mind

*