Kenali Posisi Saat Melahirkan

Kenali Posisi Saat Melahirkan

Saat Anda akan melahirkan, diperlukan posisi yang nyaman. Posisi yang nyaman ini tentu berbeda bagi wanita hamil yang satu dengan wanita hamil yang lain. Untuk itu, kenali posisi saat melahirkan yang disarankan para dokter. Seperti apa posisi saat melahirkan tersebut? Baca terus uraian berikut ini.

Posisi melahirkan normal yang paling banyak dilakukan adalah posisi tidur telentang di atas kasur atau matras. Posisi klasik ini konon menyusahkan wanita dalam mengejan. Untuk itulah berbagai posisi melahirkan diteliti dan dipraktikkan kepada para wanita untuk mencari posisi yang memudahkan persalinan dan membuat nyaman. Kenali posisi saat melahirkan berikut ini.

  • Posisi berdiri atau berjalan. Posisi ini ditengarai bisa mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Menurut ilmu Sains, melahirkan secara vertikal akan dibantu gaya gravitasi. Sehingga secara logika, pasti akan lebih mudah dan lebih cepat. Dengan bantuan orang lain atau tembok, mengejan pun bisa dilakukan.
  • Posisi goyang (rocking). Posisi ini bisa menggunakan kursi goyang atau pun berdiri dan lalu bergoyang dengan mencondongkan badan ke depan dan ke belakang. Di sini, gaya gravitasi juga memberi andil sehingga Anda akan memiliki tenaga untuk mengejan.
  • Posisi jongkok. Posisi ini biasanya dilakukan oleh wanita yang akan melahirkan tanpa ada bantuan medis atau untuk mencegah keterlambatan kelahiran akibat tidak adanya ahli medis. Di sini biasanya pembukaan rahim sudah sempurna dan bayi sudah siap ke luar. Jadi misalnya ada suami, suamilah yang akan menangkap bayi yang ke luar.
  • Posisi dengan menggunakan bola untuk melahirkan (birthing balls). Bola melahirkan adalah bola karet besar dan kuat yang bisa dijadikan tumpuan badan, tangan, atau pun untuk duduk saat melahirkan. Bola ini membantu pinggul membuka sehingga saat akan melahirkan, ada tenaga untuk mengejan dan memudahkan proses ke luar bayi. Setelah ke luar, seseorang harus segera menangkap bayi yang meluncur melalui bola.
  • Posisi duduk. Posisi ini ditengarai bisa sedikit menghilangkan rasa sakit. Di sini, gravitasi juga membantu bayi ke luar. Posisi ini bisa dilakukan sekali pun Anda melakukan teknik epidural (suntikan di bagian punggung/tulang belakang untuk penghilang rasa sakit).
  • Posisi berlutut menggunakan kursi. Posisi ini mempermudah persalinan. Hal ini karena posisi tersebut membuat bayi bergerak maju ke depan dan menekan ke belakang. Agar mendapat tekanan tambahan, Anda bisa bertumpu pada seseorang.
  • Posisi bertumpu pada lutut dan tangan. Menurut para ibu, posisi ini adalah posisi yang nyaman dalam melahirkan. Hal ini menurut para ahli membuat gravitasi membantu jalan lahir, membuat bayi terangsang untuk bergerak ke luar, dan membuat pinggul terbuka. Dengan usapan dan juga pijatan di punggung, melahirkan seperti ini cukup membuat nyaman.
  • Posisi tidur miring. Posisi ini lebih baik daripada posisi tidur telentang. Hal ini karena posisi bisa memperlancar peredaran darah ke bayi. Dengan tambahan suntikan epidural dan juga usapan serta pijatan di punggung, posisi ini membuat nyaman dan tidak terlalu menyakitkan

Kenali posisi saat melahirkan yang sudah dipaparkan di atas. Pastikan Anda untuk memilih yang paling aman dan nyaman.

Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Yuk bergabung bersama banyak moms lain yang sudah menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Klik di sini ya. Tidak ada kata terlambat, rencanakan masa depan moms sekarang.

Speak Your Mind

*