Mengenal Operasi Caesar

Mengenal Operasi Caesar

Beberapa tahun terakhir kita banyak mendengar wanita melahirkan dengan cara caesar, baik disebabkan karena kondisi yang tidak biasa ataupun karena keinginan sendiri yang menghindari rasa sakit di vagina pada persalinan normal. sudahkah Anda mengenal operasi Caesar itu? Seperti apa prosesnya dan apa yang membuat wanita melalui prosedur tersebut?

Operasi Caesar merupakan prosedur bedah pada bagian perut yang melibatkan dua sayatan yaitu satu sayatan yang melewati dinding abdomen dan yang kedua adalah sayatan di uterus untuk mengeluarkan si bayi. Sebenarnya prosedur ini bukanlah prosedur yang menjadi pilihan terbaik bagi ibu dan anak dalam proses persalinan. Adanya proses bius memberikan dampak besar pada ibu setelah prosedur selesai dilakukan.

Proses bius ini bisa dilakukan secara total maupun lokal. Saat prosedur berlangsung, ibu bisa jadi tetap terbangun namun merasakan mati rasa atau kebas mulai dari bagian dada sampai kaki. Untuk mengenal operasi Caesar lebih lanjut Anda harus mengenal sejarahnya. Dikatakan menurut para ahli adalah Julius Caesar, pemimpin kerajaan Romawi ketika itu, dilahirkan melalui satu prosedur bedah dan kemudian prosedur ini dikenal dengan nama operasi Caesar.

Ibu sang raja ketika itu hidup lama setelah proses melahirkan melalui bedah namun pada kenyataannya ketika prosedur berlangsung sang ibu hampir kehilangan nyawanya. Sekarang pelaksanaan operasi Caesar meningkat dari 4,5% pada tahun 1965 menjadi 21% pada tahun 1998 dan belum ada statistik terbaru untuk tahun 2012.

Dengan adanya perkembangan dalam proses anestesi, kendali rasa sakit dan teknik anti bakteri, komplikasi serius yang mungkin muncul sejak proses kelahiran melalui operasi Caesar telah menurun secara dramatis dalam waktu 30 tahun terakhir. Anda harus mengenal kemungkinan akibat dari pelaksanaan operasi Caesar sebelum memutuskan untuk melaluinya pada saat persalinan nanti, seperti berikut ini :

  • Bayi lahir dalam posisi keluar bukan kepala terlebih dulu
  • Terjadi proses persalinan yang tidak lancar
  • Kemungkinan ibu memiliki infeksi herpes pada organ genital, karena bayi harus terhindar dari pencahayaan terbuka saat lahir.
  • Ibu bisa terkena infeksi HIV
  • Obesitas

Dengan membaca sedikit penjelasan mengenai prosedur ini maka Anda sudah mengenal operasi Caesar dan bersiap dengan segala konsekuensinya apabila memutuskan untuk mengambil prosedur ini saat persalinan nanti.

 

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Speak Your Mind

*