Meningkatkan Kemandirian pada Anak

Meningkatkan Kemandirian pada Anak

Menurut perkembangan anak, dikatakan bahwa anak yang sudah berusia 5 tahun atau lebih, seharusnya sudah memiliki kemandirian walaupun mungkin dalam kondisi yang masih terbatas. Namun seiring waktu, kemandirian anak yang telah dimiliki semenjak dini, akan semakin bertambah atau meningkat dengan stimulasi yang tepat dan secara sistemik, sehingga anak tidak akan senantiasa bergantung pada bantuan orangtua untuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan yang dihadapi. Namun demikian, diperlukan beberapa kiat dan tips untuk meningkatkan kemandirian pada anak dengan stimulasi yang tepat dan proses pembelajaran kemandirian ini, bisa dimulai dari hal yang ringan dan sepele terlebih dahulu. Apa sajakah itu?

Kiat dan Tips

Orang tua acap kali merasa kesulitan untuk meningkatkan kemandirian pada anak dalam rangka melatih mereka untuk dapat melakukan semuanya dengan baik. Tentulah tidak berlebihan bila orang tua memiliki keinginan agar anak dapat segera melakukan hal-hal ringan dengan kesadaran sendiri. Untuk itu diperlukan latihan berulang-ulang untuk membiasakan mereka menyelesaikan hal yang sama.

Berikut beberapa latihan yang dapat di lakukan pada keseharian anak-anak:

  • Membereskan mainan.
    Pada usia 15-18 bulan, idealnya kemampuan motorik kasar anak sudah lebih berkembang, sehingga berikan stimulasi yang tepat dengan meminta anak membereskan mainanannya ataupun meletakkan kembali di tempat semula seusai bermain.
  • Cuci tangan dan cebok sendiri.
    Pada usia 15-18 bulan, idealnya anak sudah memiliki kemampuan untuk mencuci tangannya sendiri menggunakan sabun. Sedangkan stimulasi untuk melakukan cebok sendiri seusai BAB bisa dilakukan ketika usia anak menginjak 2-3 tahun.
  • Makan sendiri.
    Ketika anak sudah menginjak usia 18-24 bulan, kemampuan motorik halus balita akan mulai sedikit diasah dan dikembangkan. Stimulasikan anak untuk makan sendiri tanpa perlu disuap dengan menggunakan sendok, sedangkan penggunaan garpu sebagai pendamping sendok bisa distimulasikan ketika anak menginjak usia 2-3 tahun. pada usia ini, kemampuan motorik halus anak akan semakin berkembang.
  • Memakai baju sendiri.
    Selain stimulasi makan sendiri menggunakan sendok, ketika anak menginjak usia 18-24 bulan, stimulasikan juga agar anak memiliki kemampuan untuk mengenakan baju sendiri, terutama jenis baju yang tidak memiliki kancing serta memakai celana sendiri, sebab idealnya pada usia ini, anak sudah memiliki kemampuan untuk berdiri dengan satu kaki. Barulah saat anak menginjak usia 2-3 tahun, biarkan anak memakai baju sendiri yang terdapat kancingnya.

Untuk mengoptimalkan latihan meningkatkan kemandirian pada anak, ada baiknya jika orangtua juga menerapkan disiplin secara konsisten. Jangan lupa puji apa yang sudah anak lakukan sebagai penghargaan atas usaha mereka. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Yuk bergabung bersama banyak moms lain yang sudah menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Klik di sini ya. Tidak ada kata terlambat, rencanakan masa depan moms sekarang.

Speak Your Mind

*