Mertua Ikut Campur, Bagaimana Mengatasinya?

Mertua Ikut Campur, Bagaimana Mengatasinya?

Memiliki mertua yang ikut campur dalam urusan rumah tangga barangkali terkesan kurang nyaman bagi sebagian besar pasangan yang sudah menikah. Hak suami untuk mengatur kehidupan rumah-tangganya barangkali bisa terganggu, pun juga sebaliknya, hak istri untuk berpartisipasi dalam mengarungi bahtera bersama suami bisa jadi kurang maksimal. Hal ini akan bertambah runyam, apabila pasangan yang sudah menikah tinggal bersama dengan mertua atau biasa dikenal dengan Pondok Mertua Indah dan terjadi ketidakcocokan pendapat dalam suatu permasalahan.

Mertua Ikut Campur-Penyebab dan Cara Mengatasinya

Banyak sekali yang menjadi penyebab mertua ikut campur dalam urusan rumah tangga anak atau menantunya, diantaranya adalah:

  • Kurang pengalaman. Sebagian mertua, biasanya menganggap bahwa anak atau menantunya belum memahami kewajiban dan tanggung jawab dalam menjalankan kehidupan rumah tangga, sehingga mereka merasa perlu terlibat secara langsung dalam kehidupan rumah tangga anak/menantu.
  • Merasa memiliki. Sebagian mertua yang tinggal seatap dengan anak/menantu masih merasakan memiliki aturan dalam rumah tangga yang harus dipatuhi oleh mereka yang tinggal bersama di dalamnya, termasuk dalam mengatur cara mendidik cucu.

Berikut ini beberapa tips cara mengatasi permasalahan yang mungkin saja timbul akibat mertua ikut campur dalam permasalahan rumah tangga:

  1. Pengendalian diri. Pasangan yang sudah menikah hendaknya mengendalikan emosi, sehingga pertengkaran atau perselisihan pendapat yang terjadi tidak sampai diketahui oleh mertua.
  2. Beri pengertian. Ada baiknya anak menjelaskan pada orang tuanya bahwa mereka sedang dalam proses belajar mengatasi permasalahan rumah tangga, termasuk dalam mengatur keturunan/cucu mereka. Beri pengertian bahwa pola asuh anak sekarang, mungkin berbeda dengan pola asuh anak jaman dulu.
  3. Pindah. Cara ini mungkin merupakan cara terbaik menghindari mertua yang ikut campur urusan rumah tangga. Pasangan yang sudah menikah hendaknya tidak tinggal serumah dengan orang tuanya. Apabila membeli rumah sendiri masih dirasakan berat, pasangan bisa saja mengontrak atau kost dengan biaya yang masih terjangkau.

Berbagai tips di atas mungkin bisa dijadikan pertimbangan agar terhindar dari mertua yang ikut campur dalam urusan rumah tangga. Bagaimanapun juga, mertua merupakan bagian dari keluarga yang masih perlu diminta nasihatnya.

 

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Speak Your Mind

*