Nyeri Pada Payudara

Nyeri Pada Payudara

Anda pernah merasakan nyeri pada payudara? Hal itu bukanlah sesuatu yang aneh, karena pada saat-saat tertentu hampir semua perempuan pernah merasakan hal tersebut. Namun, satu hal yang harus diwaspadai dari rasa nyeri tersebut adalah jika keberadaannya menetap, timbul benjolan, dan semakin lama semakin terasa menyakitkan karena hal itu bisa berarti merupakan tanda-tanda adanya penyakit serius yang menyertainya, seperti kista, tumor, dan lain-lain.

Sebenarnya rasa nyeri pada payudara yang umum dirasakan para wanita, atau yang biasanya dikenal dengan istilah Mastalgia Tersering merupakan nyeri yang biasanya disebabkan karena adanya faktor hormonal seperti saat pubertas, sebelum mentruasi, saat kehamilan dan menstruasi. Penyebab lain dari rasa nyeri pada payudara yang perlu diwaspadai adalah karena adanya kelainan fibrokistik, infeksi dan adanya trauma pada payudara, atau bisa juga nyeri tersebut bukan berasal dari payudara, melainkan dari otot atau tulang di bawah payudara.

Agar tidak menimbulkan kekhawatiran, maka Anda harus mengetahui beberapa hal yang menyebabkan rasa nyeri pada payudara, yang diantaranya :

  • Menjelang menstruasi (PMS)
    Peningkatan hormon selama siklus menstruasi berlangsung sering mengakibatkan payudara dapat menjadi bengkak dan terasa sakit.
  • Kehamilan
    Saat kehamilan berlangsung, biasanya payudara akan semakin meningkat ukurannya sehingga memicu rasa nyeri yang berlebihan. Selain itu, rasa nyeri tersebut terjadi karena perubahan hormonal.
  • Kista
    Pada beberapa kasus, rasa nyeri pada payudara merupakan gejala awal adanya kista.
  • Kanker
    Biasanya kanker tidak menimbulkan rasa nyeri di payudara, namun lebih kepada terjadinya perubahan bentuk dan adanya benjolan pada payudara. Untuk itu, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikannya.
  • Dada kiri pertanda jantung
    Mengapa bila nyeri pada dada kiri seorang wanita menjadi indikasi terjadi gangguan pada jantung? Pada hakekatnya letak jantung yang berada pada dada bagian kiri dimana letaknya tepat dibagian dalam dari payudara membuat rasa nyeri yang terjadi pada jantung akan terasa pada payudara sebelah kiri.

Jika Anda merasakan ada tanda-tanda yang mencurigakan dari rasa nyeri tersebut, maka tidak ada salahnya jika Anda segera memeriksakan diri dokter. Dari hasil pemeriksaan tersebut, dokter akan memastikan apakah ada gejala penyakit serius atau tidak. Jikapun ada masalah, maka Anda akan segera mendapatkan penanganan dan pengobatan secepatnya.

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Speak Your Mind

*