Obat Pilek yang Bisa Dibuat Sendiri

Obat Pilek yang Bisa Dibuat Sendiri

Pilek merupakan salah satu jenis penyakit yang biasanya mengiringi terjadinya influensa atau serangan asma dan biasanya disertai dengan keluhan nyeri ataupun demam. Menurut berbagai sumber medis, dikatakan bahwa pilek merupakan salah satu akibat produksi lendir pada daerah sinusitis hidung yang dipicu oleh terjadinya peradangan ataupun inflamasi. Dibandingkan penggunaan obat-obatan pereda rasa nyeri yang banyak dijual bebas dan mengandung parasetamol atau dekongestan, penggunaan ramuan tradisional yang bisa dibuat sendiri di rumah pastinya relatif lebih aman karena tidak menimbulkan efek samping membahayakan apabila dikonsumsi dalam jangka panjang. Apa saja jenis dan macam obat pilek yang bisa dibuat sendiri di rumah?

Berikut beberapa jenis dan macam obat pilek yang bisa dibuat sendiri di rumah sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Perkuat Sistem Imun Tubuh dengan Minuman Jahe
    Menurut salah seorang praktisi pengobatan herbal, dikatakan bahwa jahe memiliki kandungan senyawa kimia fenolik seperti gingerol dan shogaol yg merupakan salah satu jenis antioksidan yang berguna untuk memperkuat sistem imun tubuh. Minuman hangat yang terbuat dari jahe ini dapat dikombinasikan dengan penambahan jeruk lemon yang kaya akan vitamin C. Namun demikian, bagi mereka yang memiliki permasalahan dengan organ lambung, konsumsi minuman ini tidak disarankan.
  • Ringankan Gejala Flu dengan Kunir dan Kencur
    Salah satu jenis tanaman herbal atau tanaman tradisional yang bermanfaat untuk memperkuat sistem imun tubuh dari serangan virus adalah kunir atau kunyit, serta kencur. Masih menurut sumber yang sama, dikatakan bahwa kunyit serta kencur memiliki kandungan senyawa minyak atsiri yang dapat membantu meringankan gejala penyakit yang menyertai flu. Kunyit serta kencur dapat dikonsumsi dengan cara memarut dan memerasnya hingga didapatkan sarinya. Penambahan sedikit madu sebagai pemanis juga bisa dilakukan.
  • Khasiat sup
    Selain obat tradisional, alternatif lain obat pilek yang bisa dibuat sendiri dari rumah adalah  sup. Namun demikian, sup yang dimaksud disini bukanlah sayur sop yang biasa dikonsumsi dengan kuah yang banyak. Jenis sup yang dimaksud adalah olahan makanan berbentuk seperti bubur, yang berasal dari kaldu daging, baik daging unggas, daging merah atau bahkan ikan, yang ditambahkan dengan aneka bumbu dapur atau rempah, serta tepung maizena ataupun tepung sagu.
  • Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Steaming/ Uap
    Steaming biasa dilakukan untuk mengatasi hidung yang tersumbat atau pilek akibat adanya produksi lendir yang dipicu oleh terjadinya pembengkakan jaringan disekitar sinus hidung. Hidung tersumbat merupakan salah satu gejala yang mengiringi terjadinya serangan flu. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dengan steaming, ada baiknya jika ditambahkan sedikit ramuan rempah seperti daun eucalyptus, daun mint atau serbuk jahe ke dalam air panas.

Demikianlah beberapa jenis dan macam obat pilek yang bisa dibuat sendiri di rumah dan tidak terlalu merepotkan. Agar pengobatan ini lebih optimal, ada baiknya jika diiringi dengan menghindari konsumsi minuman dingin serta asupan makanan gorengan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Yuk bergabung bersama banyak moms lain yang sudah menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Klik di sini ya. Tidak ada kata terlambat, rencanakan masa depan moms sekarang.

Speak Your Mind

*