Obati Hidung Tersumbat Secara Alami

Obati Hidung Tersumbat Secara Alami

Tersiksa, sebal dan menjengkelkan, mungkin itulah perasaan yang dialami ketika menderita hidung tersumbat. Walaupun bukan merupakan suatu jenis penyakit yang membahayakan, namun faktanya gangguan hidung tersumbat dirasakan cukup menyiksa. Selain berakibat kesulitan bernapas, gangguan hidung tersumbat juga menyebabkan artikulasi kata-kata yang diucapkan menjadi aneh, sehingga tak jarang justru menjadi bahan tertawaan. Menurut berbagai sumber, hidung yang tersumbat bisa saja disebabkan oleh terjadinya iritasi atau peradangan pada rongga hidung, sehingga lendir hidung diproduksi berlebihan dan menutup sebagian atau keseluruhan saluran hidung. Agar gangguan hidung tersumbat ini tidak mengganggu aktifitas harian, maka ada baiknya jika segera diambil tindakan penanganan. Salah satu cara penanganannya adalah penggunaan bahan-bahan alami. Apa saja jenis dan macam bahan herbal untuk obati hidung tersumbat secara alami?

Berikut beberapa jenis dan macam bahan herbal untuk obati hidung tersumbat secara alami sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Daun mint
    Daun mint mengandung minyak atsiri yang berguna untuk melapangkan saluran hidung yang tersumbat. Untuk mendapatkan manfaat penggunaan daun mint ini, cukup dengan menumbuknya hingga halus, kemudian tambahkan sedikit air panas dan digunakan sebagai steaming hidung. Steaming dapat dilakukan dengan menghirup uap air hangat campuran tumbukan daun mint.
  • Minuman hangat
    Beberapa jenis minuman hangat seperti minuman jahe, jeruk hangat ataupun teh hangat juga bermanfaat untuk melegakan pernapasan yang disebabkan hidung tersumbat. Kandungan minyak atsiri pada jahe bermanfaat untuk mengencerkan lendir hidung yang menyumbat jalan pernapasan.
  • Kayu putih
    Daun kayu putih yang telah diolah menjadi minyak kayu putih, mampu memberikan efek hangat pada tubuh. Menurut beberapa penelitian yang pernah dilakukan, dikatakan bahwa pemberian efek hangat pada tubuh dapat memberikan rasa nyaman sehingga produksi lendir hidung berlebih yang disebabkan udara dingin dapat direduksi.

Demikianlah beberapa jenis dan macam bahan herbal untuk obati hidung tersumbat secara alami yang bisa dipertimbangkan. Lakukan pengobatan herbal dan alami ini secara sistemik dan berkala untuk hasil yang optimal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Speak Your Mind

*