Panduan Dasar Pet Photography untuk Pemula

Panduan Dasar Pet Photography untuk Pemula

Bagi beberapa orang, hewan peliharaan atau ‘pet’ sudah dianggap sebagai bagian dari keluarga, sehingga tidak mengherankan apabila mereka ingin memiliki memorabilia tentang hewan peliharaannya karena memiliki nilai historis atau sejarah. Namun demikian, tidak mudah mengabadikan momen atau peristiwa khusus ini dalam bentuk fotografi, apalagi jika fotografer yang menanganinya masih pemula. Bagaimanakah kiat dan tips panduan dasar pet photography untuk pemula agar kemampuan teknik fotografi yang dimiliki makin berkembang?

Berikut beberapa kiat dan tips panduan dasar pet photography untuk pemula sebagaimana diolah dari beberapa sumber, yaitu:

  • Ciptakan Suasana Nyaman
    Menurut beberapa sumber profesional fotografi, dikatakan bahwa penting menjadikan suasana pemotretan menjadi nyaman dan menyenangkan untuk binatang peliharaan dan fotografer agar hasil pemotretan yang didapatkan terlihat alami tanpa dibuat-buat. Suasana nyaman ini bisa didapatkan apabila fotografer memahami dengan benar mengenai beberapa perilaku hewan peliharaan. Tidak ada salahnya jika fotografer melibatkan pemilik agar perilaku binatang peliharaan menjadi lebih terkendali atau agar suasana pemotretan lebih nyaman dan santai.
  • Indoor atau Outdoor?
    Pastikan terlebih dahulu apakah foto yang dikehendaki berada di dalam ruangan atau di luar ruangan. Pemilihan lokasi ini pada akhirnya berpengaruh juga terhadap jenis lensa serta settingan pencahayaan. Untuk lokasi indoor, setting pencahayaan dan teknik fotografi memang lebih mudah di atur, sedangkan untuk lokasi outdoor, tidak hanya teknik pencahayaan yang diatur, namun berbagai jenis settingan kamera seperti aperture, ISO dan shutter speed juga harus diperhatikan.
  • Ekspresi
    Salah satu panduan dasar pet photography untuk pemula yang juga tidak kalah penting adalah pengaturan tingkah laku objek gambar agar memiliki ekspresi, seperti ekspresi gembira, waspada, memelas atau bahkan meminta perhatian. Beberapa fotografer hewan peliharaan terkadang mampu mengekspos ekspresi hewan peliharaan dengan memancingnya menggunakan mainan atau makanan favorit, sedangkan beberapa yang lain cenderung mengandalkan pemilik untuk memancing reaksi hewan peliharaannya tersebut.
  • Emosi
    Apabila pemilik hewan peliharaan ingin dilibatkan dalam sesi pemotretan atau ingin berfoto dengan hewan peliharaan kesayangannya, pastikan bahwa kesan emosi yang paling dalam dapat tertangkap kamera. Beberapa contoh ikatan emosi antara hewan peliharaan dan pemiliknya yang bisa tertangkap kamera antara lain pose saat anjing mengibaskan ekornya atau ketika kucing terlihat memberikan kepalanya agar dibelai.
  • Makro
    Menurut salah satu buku tentang panduan dasar pet photography untuk pemula karangan Pardede, dikatakan bahwa teknik makro atau detail sebaiknya menjadi pilihan utama dalam memotret ungkapan ekspresi atau emosi antara pemilik dengan hewan peliharaannya dibandingkan teknik wide angle. Hal ini disebabkan pemotretan hewan peliharaan memang ditujukan sebagai salah hal penting yang bisa saja dianggap sebagai bagian dari sejarah kehidupan pemilik binatang peliharaan yang bersangkutan.
  • Wide Angle
    Apabila terpaksa menggunakan teknik wide angle untuk binatang peliharaan, maka pose terbaik adalah menyertakan lansekap atau latar yang luas, seperti foto bersama seluruh anggota keluarga pemilik binatang peliharaan di depan rumah atau taman bermain. Pengambilan gambar outdoor, pastinya juga dibutuhkan settingan ulang pada kamera seperti menyempitkan ukuran aperture supaya cahaya lebih fokus dan menghasilkan kedalaman atau efek 3D (depth of field).

Demikianlah beberapa kiat dan tips panduan dasar pet photography untuk pemula yang bisa dijadikan pertimbangan. Satu hal penting yang hendaknya harus selalu diperhatikan adalah giat melakukan eksperimen mengenai settingan kamera dan efek pencahayaannya agar teknik fotografi yang dimiliki semakin berkembang dan kualitas gambar yang dihasilkan juga makin bagus. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Speak Your Mind

*