Penyebab Penuaan Dini

Penyebab Penuaan Dini

Menjadi tua sebelum waktunya merupakan hal yang paling ditakuti manusia, terutama kaum wanita. Pasalnya kalau hal itu terjadi, maka akan timbul rasa tidak percaya diri yang tinggi di hadapan orang orang, terutama saat kita ditanya mengenai usia. Hal inilah yang membuat banyak wanita kurang terbuka mengenai kenyataan saat ada orang bertanya mengenai usianya, mereka takut kalau orang yang bertanya akan beranggapan bahwa kita terlihat tua padahal masih dalam usia muda. Anda tentu tidak mau khan hal itu melanda diri Anda?? Oleh karena itu, mari kita terapkan pola hidup sehat yang akan membuat kita awet muda, dan yang pasti upaya tersebut harus dilengkapi dengan menghindari dan mengantisipasi berbagai penyebab penuaan dini yang mengancam.

Artikel kali ini akan membahas tentang beberapa hal yang menjadi penyebab penuaan dini. Semoga setelah mengetahui semua hal tersebut, kita bisa mulai melakukan upaya untuk menghindarinya.

  1. Polusi Udara
    Di lingkungan perkotaan, polusi sudah menjadi hal yang umum ditemui mengingat banyaknya asap sisa pembakaran kendaraan, asap dari pabrik, debu jalanan, dan lain sebagainya. Semua hal itu  adalah penyebab penuaan dini yang akan menyebabkan stress oksidatif pada kulit luar kita, sehingga lambat laun kulit yang seharusnya masih tampak segar dan sehat, mulai kendur, kusam dan terlihat tidak segar lagi. Stress oksidatif ini juga akan membuat kelenturan kulit menjadi kurang maksimal, kolagen mengalami perpecahan. Alhasil kulit wajah sebagai bagian tubuh yang paling sering terkena terpaan polusi ini akan mulai kusam dan berkeriput.
  2. Sinar Matahari
    Hati hati bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan (outdoor), terlebih saat cuaca panas dan terik matahari cukup menyengat. Paparan sinar ultraviolet yang mengenai kulit kita akan menyebabkan berbagai masalah seperti keriput, rusaknya pigmen kulit, hingga kanker kulit.
  3. Stress
    Banyak pikiran, beban perasaan, dan beratnya tuntutan hidup akan membuat orang menjadi mudah stress. Jika semua itu Anda alami, cobalah untuk mengatasinya dengan lebih rileks agar tingkat stress bisa dikendalikan, karena kalau stress terus berkelanjutan hingga tingkat diatas normal, maka itu bisa menjadi penyebab penuaan dini paling ampuh.
  4. Kurang Tidur
    Ada 2 hal yang membuat kurang tidur menjadi salah satu penyebab penuaan dini. Pertama, orang yang kurang tidur akan kehilangan kesempatan untuk meregenerasi kulitnya mengingat proses regenerasi kulit yang paling baik adalah saat manusia tidur. Kedua, orang yang kurang tidur akan memilii kualitas hidup yang tidak teratur sehingga dia melupakan banyak hal untuk kesehatannya.

Masih banyak penyebab penuaan dini yang berpotensi menyerang kita. Untuk mengetahui cara cara mencegahnya, silahkan Anda baca penjelasan lebih lanjut di artikel “Mencegah Penuaan Dini ”.

Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Yuk bergabung bersama banyak moms lain yang sudah menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Klik di sini ya. Tidak ada kata terlambat, rencanakan masa depan moms sekarang.

Speak Your Mind

*