Penyebab Selulit dan Solusinya

Penyebab Selulit dan Solusinya

Apakah penyebab selulit yang sebenarnya? Selulit merupakan jaringan lemak di bawah kulit yang tidak tersebar secara merata dan menyebabkan timbulnya permukaan yang terlihat seakan bergelombang pada kulit merupakan masalah kesehatan yang dapat menyerang semua jenis kelamin dan usia. Meskipun berpotensi pada kedua jenis kelamin, selulit lebih sering menjadi keluhan para wanita. Hal itu disebabkan oleh kerja hormon seks antara pria dan wanita yang berbeda.

Penyebab Selulit Secara Umum

Selain kerja hormon seks yang berbeda antar kelamin, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan selulit yang perlu anda perhatikan dan hindari, yaitu:

Faktor hormonal

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa selulit yang timbul dipengaruhi hormon seks pada tiap jenis kelamin. Salah satu hormon seks pada wanita adalah estrogen. Dikatakan pada beberapa dugaan bahwa estrogen merupakan hormon yang menyebabkan selulit. Namun, belum ada bukti klinis yang mendukung klaim tersebut. Selain hormon estrogen, beberapa hormon lain jug sangat berperan dominan dalam pembentukan selulit. Adalah insulin, katekolamin adrenalin dan noradlenalin, tiroid, dan prolaktin serangkaian hormon yang dipercaya para ahli medis memiliki partisipasi aktif dalam pembentukan selulit.

Gaya Hidup

Rutinitas sehari-hari dengan berbagai aktivitas dan tekanan yang menimbulkan stress pada seseorang juga berpotensi menyebabkan selulit. Hal itu dikarenakan dalam keadaan stress, tubuh akan memproduksi hormon katekolamin. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hormon katekolamin termasuk dalam hormon yang berpartisipasi dalam pembentukan selulit.

Kurang Gerak

Selulit sering ditemukan di bagian-bagian tubuh tertentu. Kebanyakan ditemukan pada bagian tubuh yang tidak mengalami aktivitas gerak seperti perut, pantat, dan paha. Hal ini disebabkan karena selulit merupakan timbunan lemak yang tidak dapat tersebar secara baik dan merata sehingga menimbulkan kesan kulit bergelombang.

Obesitas

Masalah kelebihan berat badan merupakan faktor yang menyebabkan selulit yang pasti. Orang dengan obesitas sudah barang tentu memiliki kandungan lemak berlebih di seluruh tubuhnya. Hal itu menyebabkan selulit lebih mungkin terjadi di seluruh bagian tubuh dan tidak hanya pada bagian tertentu yang kurang aktivitas geraknya. Meskipun obesitas menjadi faktor yang tidak dapat terelakkan, bukan berarti wanita dengan tubuh kurus langsing tidak berkemungkinan mempunyai selulit. Hal ini dikarenakan faktor utama yang menyebabkan selulit adalah jenis kelamin.

Merokok

Merokok dapat menyebabkan gangguan pada paru-paru, jantung dan kehamilan. Akibat yang ditimbulkan rokok tidak hanya berhenti pada penyakit pernafasan dan organ-organ vital saja namun juga dapat menyebabkan selulit. Bagaimana bisa? Zat-zat racun yang terkandung dalam rokok dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh kapiler. Tersumbatnya pembuluh kapiler itulah yang dapat merusak hubungan kelenjar dalam tubuh yang berpengaruh pada terbentuknya selulit.

Solusi Bagi Selulit

Setelah mengetahui hal-hal yang menyebabkan selulit, sudah seharusnya kita juga mengetahui hal apa saja yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya. Hal-hal tersebut adalah:

  • Sedot lemak
  • Spa
  • Treatment Laser
  • Olahraga teratur
  • Menjaga asupan gizi secara seimbang

Demikian sekilas mengenai penyebab selulit dan solusi penanganannya, semoga berguna.

 

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Speak Your Mind

*