Perawatan Ibu Selama Masa Nifas

Perawatan Ibu Selama Masa Nifas

Masa kehamilan selama kurang lebih sembilan bulan sepuluh hari telah dilalui. Kini seorang ibu berjuang melahirkan buah hati yang telah ditunggunya dan bisa berkomunikasi langsung, memeluknya dan berbagi kasih dan belaian. Setelah melahirkan, seorang ibu memasuki masa nifas yang biasa disebut dengan puerperium dimana berlangsung setelah partus dan berakhir kira-kira enam minggu kemudian. Walaupun masa nifas telah berlalu, pemulihan alat genetalia baru akan terjadi seperti kondisi sebelum hamil setelah tiga bulan.

Bagi ibu yang baru memiliki seorang bayi, pada umumnya masih bingung tentang apa yang harus dilakukan untuk perawatan ibu selama masa nifas. Bahkan tidak banyak yang memikirkan masa nifas, mereka lebih fokus pada perawatan bayi yang baru lahir dan membutuhkan perhatian ekstra. Padahal perawatan masa nifas tidak kalah pentingnya bagi seorang ibu.

Hal yang perlu diperhatikan ketika masa nifas adalah seorang ibu hendaknya melakukan mobilisasi agar sirkulasi darah lancar, mencegah terjadinya thrombosis dan menghindari pembengkakan yang pada umumnya terjadi di kaki. Bagi yang melahirkan normal, mobilisasi dilakukan 6 jam setelah melahirkan namun bagi yang melahirkan secara caesar, mobilisasi 8 jam setelah melahirkan. Memang menyakitkan bagi yang kondisinya lemah untuk memulai mobilisasi, terutama bagi yang caesar. Namun apabila ibu terlalu memanjakan diri, hal ini justru tidak baik. Mengingat ibu juga harus secepat mungkin menyiapkan fisiknya untuk mengurus bayi sepulang dari rumah bersalin atau rumah sakit.

Perawatan ibu selama masa nifas yang lain adalah melakukan diet. Namun perlu diingat bahwa ibu masih berkewajiban memberi Air Susu Ibu untuk bayinya. Sehingga diet yang dilakukan adalah diet yang mengandung protein, zat besi, vitamin, kalsium dan serat makanan agar gizi bayi terpenuhi dan zat gizi ibu tidak “dicuri” oleh bayi. Karena Air Susu Ibu berbahan dasar air, maka mengonsumsi 3.000ml cairan sangat dianjurkan.

Istirahat yang berkualitas walaupun belum bisa memenuhi kuantitas karena tentu saja seorang ibu akan sibuk mengasuh bayinya akan membantu memulihkan masa nifas. Karena saat tidur adalah saat meregenerasi sel, memulihkan kondisi fisik dan mental. Perawatan ibu selama masa nifas sangat sederhana dan bisa dengan mudah dipraktekkan agar kondisi ibu cepat pulih dan dapat maksimal mengasuh bayi.

Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Yuk bergabung bersama banyak moms lain yang sudah menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Klik di sini ya. Tidak ada kata terlambat, rencanakan masa depan moms sekarang.

Speak Your Mind

*