Persiapan Pernikahan Dalam Islam

Persiapan Pernikahan Dalam Islam

Pernikahan bukan hanya tentang pesta dan segala macam hingar-bingarnya. Tidak jarang kita melihat pernikahan itu justru berhenti di tengah jalan. Mengapa? Segala sesuatu perlu dipersiapkan, apalagi pernikahan yang diharapkan dapat berlangsung sekali seumur hidup. Dalam Islam, ada beberapa persiapan pernikahan yang baiknya dijalankan agar pernikahan ini mendapat Ridho Allah dan berlangsung selamanya.

Persiapan pernikahan dalam Islam salah satunya adalah kesamaan visi antara Anda dan pasangan Anda. Menikah layaknya dua orang dalam satu perahu. Bila yang satu menginginkan ke kanan, dan yang satu menginginkan ke kiri, perahu tidak akan berjalan. Bila pun berjalan, akan ada yang merasa terpaksa. Jangan sampai itu terjadi dalam pernikahan. Bila salah satu saja tidak ikhlas, pernikahan tentu tidak mendapat ridho dari Allah.

Persiapan diri dan mental adalah salah satu persiapan yang harus dilakukan oleh tiap-tiap pasangan. Bagi Anda muslimat, persiapkan diri dan mental Anda. Akan ada imam atau pemimpin dalam kehidupan Anda. Anda harus bisa menghormati dan menghargainya. Kenali suami Anda dan terima latarbelakangnya. Bekalilah diri Anda dengan memohon pada Allah untuk menjadikan Anda istri yang solehah.

Bagi Anda muslimin, bersiaplah menjadi seorang pemimpin, seorang imam yang dapat mengepalai dan menafkahi keluarga Anda. Jadilah suami yang sholeh. Maka, kedua calon pengantin harus mempersiapkan diri dengan banyak belajar ilmu agama untuk bekal kehidupan pernikahan mereka.

Persiapan fisik pun merupakan salah satu persiapan pernikahan dalam Islam. Periksakan kesehatan terlebih dahulu ke dokter sebelum Anda menikah. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan kelak ketika menikah. Selain itu, dengan fisik yang sehat, suami dan istri dapat menjalankan perannya secara optimal.

Menjadi suami istri akan sangat berbeda ketika sedang berpacaran. Setelah menikah, Anda harus bisa membiasakan diri dengan status sebagai suami dan istri. Peran sosial baru harus dilakukan. Ada dua keluarga bersatu. Maka sebelum menikah lakukanlah persiapan dengan pendekatan pada keluarga pasangan agar ketika menikah peran sosial tadi tidak lagi sulit dilakukan.

 

 

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Comments

  1. subhanalloh, artikel yg sangat dicari-cari oleh para pemuda/di yang akan segera menikah.

  2. persiapkan sematang-matangnya ya para calon pengantin, agar pernikahan menjadi sangat istimewa lahir batin

Speak Your Mind

*