Prinsip Dasar Dalam Belajar Fotografi Untuk Pemula

Prinsip Dasar Dalam Belajar Fotografi Untuk Pemula

Apa Saja Yang Mendasar Dalam Belajar Fotografi Untuk Pemula? Belajar fotografi untuk pemula seperti halnya mempelajari ilmu-ilmu lain membutuhkan penguasaan pengetahuan dasar yang dilanjutkan dengan praktek. Dalam hal ini, praktek harus diberikan porsi yang lebih besar dibanding teori teknisnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal keduanya dilakukan secara paralel, dimana setelah membaca teori dilanjutkan praktek demikian seterusnya. Sebenarnya dalam belajar fotografi ada dua hal yang penting yaitu teknis dan komposisi.

Teknis menyangkut pemahaman cara kerja kamera dalam menangkap cahaya yang selanjutnya akan direkam. Aspek-aspek yang penting diluar kamera juga harus dipelajari seperti editing, asesoris dan proses pencetakan. Memang di dunia fotografi banyak sekali istilah teknis yang biasa digunakan, terkadang masing-masing vendor mempunyai istilah sendiri untuk sebuah teknologi yang berbeda. Namun yang paling penting untuk pemula harus mengenal dan mempelajari dasar-dasar dalam ilmu fotografi, diantaranya mengenal kamera, sensor, lensa, memahami fitur exposure dan elemen-elemen pentingnya yaitu shutter speed, aperture dan ISO/ASA, mempelajari WhiteBalance (WB), mengenal asesoris dan fungsinya yang ada pada kamera, belajar post editing dengan menggunakan Photoshop atau program yang lain serta mempelajari color management.

Sedangkan Komposisi adalah bagaimana cara mengatur agar sebuah obyek foto menjadi menarik untuk dilihat. Sebuah foto akan menjadi menarik bisa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain ketepatan momen, posisi obyek, warna dan ekspresi obyek. Kombinasi yang bagus antara teknis dan komposisi akan menghasilkan foto yang menarik dan berkualitas.

Bagaimana Menguasai Teori Dalam Belajar Fotografi Untuk Pemula?
Belajar fotografi untuk pemula harus memperhatikan dua hal tersebut, namun lebih lanjut pengetahuan tentang komposisi menjadi lebih penting karena menyangkut ide-ide yang digunakan untuk menghasilkan foto yang berkualitas sekaligus menarik untuk dilihat. Sedangkan pengetahuan teknis dapat dipelajari dengan kursus, tutorial atau dari User Manual dari kamera yang digunakan. Meskipun demikian, pengetahuan teknis juga tetap harus dikuasai karena menyangkut pengaturan alat yang nantinya akan memperngaruhi hasil foto.

Sekarang ini banyak sekali media yang bisa digunakan untuk belajar fotografi karena segala informasi dapat kita peroleh dengan cepat dan mudah. Salah satunya melalui internet. Anda dapat mempelajari apapun yang berkenaan dengan fotografi dan kamera secara teknis dengan mencari melalui internet untuk belajar fotografi bagi pemula. Selanjutnya, belajar dan memahami teori-teori dasar yang sudah disebutkan diatas.

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Speak Your Mind

*