Puasa untuk Penderita Maag

Puasa untuk Penderita Maag

Secara umum, penyakit maag adalah suatu jenis penyakit yang menyerang organ pencernaan bagian atas yaitu lambung. Lambung merupakan organ pencernaan yang berfungsi untuk memproses makanan menjadi lebih halus baik secara mekanik ataupun kimia agar mudah diserap oleh tubuh. Secara mekanik, makanan dihaluskan dengan gerakan peristaltik atau meremas makanan, sedangkan secara kimiawi makanan dihaluskan dengan penggunaan enzym seperti renin dan pepsin.

Di dalam lambung juga terjadi proses sterilisasi makanan dengan asam klorida yang berfungsi membunuh bakteri. Menurut salah seorang staff medis, ketika ada suatu zat makanan yang masuk ke dalam lambung, ketiga jenis enzym ini akan langsung diproduksi oleh lambung, sehingga lambung akan bersifat asam. Apabila terjadi suatu gangguan pencernaan yang memicu produksi asam lambung berlebih, maka asam klorida ini akan berpotensi menyebabkan dinding lambung teriritasi, terkorosi dan menimbulkan luka. Inilah yang menyebabkan timbulnya rasa sakit dan perih pada lambung. Amankah puasa untuk penderita maag?

 

Syarat dan Ketentuan Berpuasa bagi Penderita Maag

Menurut berbagai sumber, penyakit maag sendiri terbagi menjadi dua jenis kategori yang menentukan aman atau tidaknya puasa untuk penderita maag. Berikut beberapa jenis kategori maag yang sebaiknya perlu diketahui sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Maag fungsional
    Maag fungsional atau dispepsia fungsional adalah suatu jenis penyakit maag yang disebabkan oleh terjadinya gangguan fungsional produksi enzym pada lambung yang disebabkan oleh kebiasaan atau pola hidup yang buruk ataupun konsumsi makanan yang memicu produksi asam klorida berlebih. Menurut beberapa hasil penelitian, pola hidup ataupun konsumsi makanan yang dapat memicu timbulnya gangguan produksi enzym pada lambung antara lain stress, depresi, pola makan tidak teratur, konsumsi rokok, kopi serta alkohol.
    Puasa untuk penderita maag
    fungsional ini sebenarnya sangat dianjurkan dan bahkan bisa dijadikan sebagai alternatif pengobatan penyakit maag. Dengan berpuasa, pola makan akan lebih teratur melalui aturan berbuka dan bersantap sahur, tidak mengkonsumsi cemilan sembarangan, mengurangi kebiasaan merokok dan konsumsi kopi, serta melatih menahan diri dari berbagai emosi negatif seperti stress dan depresi.
  • Maag organik
    Maag organik atau dispepsia organik adalah suatu jenis penyakit maag yang disebabkan gangguan ataupun kelainan pada organ pencernaan bagian atas seperti tukak lambung, tukak usus duabelas jari, polip atau terjadi pembengkakan serta gangguan GERD/Gastroesophageal reflux disease. Tidak hanya tukak atau peradangan dan perlukaan, kanker yang terjadi pada daerah kerongkongan, usus duabelas jari ataupun kerongkongan serta kanker lambung juga merupakan salah satu penyebab serangan maag organik. Sebelum memutuskan berpuasa, penderita maag organik harus melakukan pengobatan terlebih dahulu.

Demikianlah beberapa syarat dan ketentuan puasa untuk penderita maag yang sebaiknya perlu diketahui. Untuk mengetahui dengan pasti apakah maag yang diderita adalah maag fungsional ataukah maag organik, ada baiknya jika mengunjungi ahli medis setempat atau dokter. Pemeriksaan lanjutan dengan endoskopi atau teropong saluran pencernaan atas akan menentukan dengan pasti penyakit maag yang menyerang. Selamat berpuasa dan semoga bermanfaat.

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Speak Your Mind

*