Sakit Perut Bagian Bawah Saat Hamil

Sakit Perut Bagian Bawah Saat Hamil

Rasa nyeri yang terasa pada perut bagian bawah sering terjadi saat kehamilan memasuki trimester akhir. Ini terjadi karena kepala bayi sudah masuk panggul dan mulai mencari jalan lahir. Akibatnya, gerakan tubuh bayi menimbulkan tekanan-tekanan tertentu pada perut bagian bawah.

Sakit pada perut bagian bawah yang sering menyerang di malam hari, menyebabkan ibu hamil mengalami kesulitan untuk tidur. Banyak cara untuk mengatasi sakit perut bagian bawah saat hamil, usahakan untuk selalu mengubah posisi tidur ibu, tidak statis pada satu posisi saja. Sebab jika tubuh ibu tak terus bergerak, tekanan dari gerakan janin akan semakin terasa. Sesekali miringkan tubuh ke kiri atau ke kanan, lalu letakkan bantal empuk dan nyaman di daerah perut bawah.

Saat bekerja di kantor, Anda perlu sesekali beraktivitas lebih dinamis dan tidak kebanyakan duduk di balik meja. Berjalan-jalan di sekitar kantor sambil melihat pemandangan berbeda dari meja kerja, selain dapat meringankan rasa nyeri juga dapat menyegarkan pikiran. Ibu juga bisa melakukan gerakan senam hamil baik melalui video maupun mengikuti kelas senam bersama instruktur. Dengan instruktur, konsultasikan rasa sakit perut bagian bawah saat hamil ini, agar instruktur dapat mengajarkan gerakan senam yang efektif mengurangi nyeri.

Ibu juga perlu mengurangi aktivitas yang terlalu berat, sebab nyeri di bagian panggul ke bawah bisa terjadi karena ibu kelelahan atau mengangkat benda berat. Jangan lupakan asupan cairan dan nutrisi yang cukup karena dapat menjaga tubuh agar senantiasa bugar.

Meski rasa sakit di perut bagian bawah ini terbilang normal, ibu harus waspada jika sakit perut bagian bawah saat hamil terjadi nyeri dan pegal luar biasa dari daerah panggul hingga kemaluan, apalagi jika diikuti kontraksi perut. Sebab, ini bisa berarti bahwa Anda memasuki proses persalinan tahap awal. Segera panggil bantuan dan pergilah ke dokter untuk memastikan statusnya. Kewaspadaan Anda perlu ditingkatkan jika rasa nyeri plus kontraksi ini terjadi bukan pada trimester akhir kehamilan, karena terdapat risiko bayi lahir belum cukup bulan alias prematur.

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Speak Your Mind

*