Senam Perut Bagi Ibu Pasca Melahirkan

Senam Perut Bagi Ibu Pasca Melahirkan

Hamil dan melahirkan merupakan kodrat seorang wanita. Ada rasa bangga dan bahagia ketika seorang wanita telah menjadi ibu bagi anak yang baru saja dilahirkannya. Namun pada beberapa wanita, sering mempermasalahkan segala hal terkait dengan melahirkan. Terutama yang berhubungan dengan bentuk tubuh.

Memang tidak bisa dipungkiri, setelah hamil dilanjutkan dengan melahirkan anak, pasti terjadi perubahan dalam hal bentuk tubuh seorang wanita. Terutama pada bagian perut. Hal ini terjadi karena rahim yang terletak di dalam rongga perut ibu hamil membesar guna menampung janin, dimana setelah melahirkan rahim tersebut kembali kosong, sehingga pasca lahirnya bayi, perut ibu masih kendur dan bentuknya tidak estetis lagi. Namun tidak perlu kuatir, karena ada senam perut bagi ibu pasca melahirkan yang tentu saja gerakannya aman bagi ibu, karena disesuaikan dengan kondisi fisik ibu yang masih dalam masa pemulihan.

3 fase senam perut pasca melahirkan

Pertama adalah pada saat ibu masih dalam masa nifas
Pada senam perut bagi ibu pasca melahirkan yang dilakukan pada saat nifas, senam dilakukan di atas pembaringan. Ibu hanya berbaring dan melakukan gerakan-gerakan senam ringan saja. Gerakannya antara lain adalah dengan mengangkat sedikit kepala sehingga posisinya hampir seperti pada saat ibu mengejan. Namun, tidak perlu melakukan dengan tenaga yang ekstra. Cukup dengan mengangkat kepala kemudian kaki ditekuk dengan posisi lutut membentuk sudut 45 derajat. Telapak kaki tetap menyentuh dasar pembaringan. Senam ini dilakukan sekitar tiga hitungan dan dikerjakan di setiap pagi, siang dan sore.

Kedua adalah tepat setelah ibu berhenti nifas
Senam setelah masa nifas ini masih dikerjakan dengan posisi berbaring, dan masih seperti posisi mengejan dengan lutut ditekuk, namun sedikit penambahan gerakan senam, yaitu kepala dan punggung diangkat membentuk sudut 30 derajat. Dan hitungan senam bisa ditingkatkan menjadi 4 atau 5 hitungan di setiap senam yaitu pada saat pagi, siang dan sore.

Ketiga adalah dua sampai tiga bulan setelah masa nifas berakhir
Gerakan pada fase ini dilakukan dengan posisi duduk, kedua kaki disejajarkan ke depan (selonjor), lalu masing-masing kaki di angkat secara lurus membentuk sudut dengan lantai sebesar 45 derajat. Gerakan senam perut bagi ibu pasca melahirkan dilakukan tiga sampai lima kali hitungan.

Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Yuk bergabung bersama banyak moms lain yang sudah menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Klik di sini ya. Tidak ada kata terlambat, rencanakan masa depan moms sekarang.

Speak Your Mind

*