Senam Untuk Ibu Selama Masa Nifas

Senam Untuk Ibu Selama Masa Nifas

Hari-hari setelah melahirkan seorang bayi adalah hari-hari yang menyenangkan walau ada pula kelelahan yang menyertainya. Karena mengasuh bayi yang baru mengenal dunia, apalagi bagi ibu baru, tentunya memiliki banyak tantangan dan harus mempelajari hal-hal baru. Hal-hal yang walaupun sudah dipelajari secara teori namun ketika mempraktekkannya, tentunya tidak segampang teori yang dibaca. Butuh keberanian dan keterampilan. Saking asyiknya merawat bayi, seorang ibu seringkali terlupa untuk merawat diri selama masa nifas. Diantaranya adalah dengan senam untuk ibu selama masa nifas.

Lalu bagaimana senam untuk ibu selama masa nifas?

Pahami Tujuan Senam Nifas
Pertama, hendaknya dipahami tujuan dari senam nifas itu sendiri, yaitu membantu kelancaran proses involusi uteri yaitu proses kembalinya rahim ke bentuk semula. Disamping itu, senam nifas memperbaiki sirkulasi darah, memperkuat kekuatan otot perut, otot dasar panggul dan otot pergerakan. Dengan memahami tujuan ini, maka akan timbul kesadaran untuk melakukan senam nifas.

Kapan senam nifas dapat dimulai?
Senam untuk ibu selama masa nifas dapat dimulai enam jam setelah melahirkan, melakukan senam untuk ibu selama masa nifas dilakukan secara bertahap, kontinyu dan sistematis agar hasil yang diperoleh bisa maksimal. Senam nifas sebaiknya dilakukan oleh ibu yang dalam kondisi sehat dan tidak ada kelainan, dimulai ketika di rumah bersalin dan dilakukan kembali secara rutin di rumah.

Beberapa tahapan dalam melakukan senam masa nifas:

Hari Pertama
Senam untuk ibu selama masa nifas dimulai pada hari pertama dengan pernafasan perut, yaitu menghirup nafas melalui hidung kemudian menahannya selama 3 detik dan dihembuskan melalui mulut. Hal ini dilakukan sebanyak 5-10 kali.

Hari Kedua
Selanjutnya pada hari kedua, yaitu menguatkan dan memulihkan otot-otot lengan. Caranya adalah dengan terbaring terlentang dan rileks dengan dua buah tangan yang dibuka lebar sejajar dengan bahu kemudian mempertemukannya didepan muka. Hal ini pun dilakukan 5-10 kali.

Hari Ketiga
Selanjutnya pada hari ketiga, sikap tubuh terlentang. Kemudian membengkokkan kedua kaki hingga kedua telapak kaki berada di bawah. Angkatlah pantat dan tahan sampai hitungan ketiga. Turunkan pantat perlahan-lahan ke posisi semula. Hal ini pun dilakukan lima hingga sepuluh kali.

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Speak Your Mind

*