Tahap Kehamilan

Tahap Kehamilan

Kehamilan merupakan masa yang sangat membahagiakan sekaligus mendebarkan. Ada rasa tidak sabar, rindu, dan cemas menghantui saat waktunya tiba untuk periksa kandungan. Tak dipungkiri, pasti ada keinginan untuk segera menimang buah hati tercinta. Namun di sisi lain, Anda pasti penasaran dengan tumbuh kembangnya, apakah janin dalam kandungan Anda sudah bisa mendengar suara Anda, berapa berat badannya, dan sudah lengkapkah organ tubuhnya? Untuk mengetahui perkembangan janin dalam kandungan, ada baiknya jika Anda mengetahui tentang tahap kehamilan.

Tahap kehamilan sangat penting dipelajari ibu hamil agar stimulasi dapat segera dilakukan untuk mendukung kecerdasan otak janin. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini :

Pada minggu-minggu pertama, biasanya ibu belum menyadari kalau tengah hamil, karena umumnya gejala baru akan muncul di minggu kedua hingga kelima. Pada minggu ini, janin masih berupa zigot. Minggu kedua, ibu mulai merasakan gejala seperti mual, muntah dan berbagai perubahan emosi. Pada minggu ini, zigot terus membelah sel dan tumbuh serta mencari tempat yang nyaman di rahim. Zigot berubah menjadi embrio pada minggu ketiga, dimana para wanita biasanya mulai menyadari kehadiran janin dalam rahimnya. Minggu keempat, frekuensi mual dan muntah akan terus bertambah. Saat dilakukan tes kehamilan, maka hasil akan menunjukkan positif.  Embrio mulai terbentuk seperti struktur tubuh manusia, dimana mola matanya mulai berkembang dan sirkulasi darahnya juga mulai terbentuk. Embrio terus bertumbuh membentuk lapisan-lapisan tubuh yang hampir sempurna.

Embrio berubah menjadi janin dengan calon tangan dan kaki yang mungil di minggu keenam, dimana otak, sistem syaraf, tulang belakang dan jantung dimulai terbentuk dengan pesatnya. Pada masa ini nutrisi sangat dibutuhkan ibu hamil untuk mendukung kecerdasan otaknya. Pada minggu ini, jantung janin terbagi jadi empat bilik, indera dan pencernaan mulai terbentuk, dan struktur tulangnya yang  kuat juga mulai terbentuk. Janin sudah mulai bergerak tapi masih sangat lembut.

Setelah kehamilan masuk bulan ketiga, janin sudah terbentuk sempurna, memiliki gerakan yang kuat, dan sudah terdeteksi dengan jelas saat  pemeriksaan USG. Meskipun organ reproduksi sudah mulai berkembang, namun jenis kelamin belum bisa terdeteksi dengan jelas. Setelah bulan ketiga berlalu, Anda bisa merasa lega karena biasanya mual dan muntah akan menghilang dengan sendirinya. Saat ini, Anda mulai bisa menikmati kehamilan dan tendangan janin yang kuat di dinding perut. Pada bulan berikutnya, terjadi pematangan organ tubuh lainnya, seperti kandung kemih, hati, berkembangnya placenta sehingga bisa bekerja optimal. Pada minggu keempat belas ini, biasanya pemeriksaan USG mulai bisa mendeteksi jenis kelamin janin. Wah, pasti sangat menyenangkan, bukan? Semoga informasi tentang tahap kehamilan diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Yuk bergabung bersama banyak moms lain yang sudah menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Klik di sini ya. Tidak ada kata terlambat, rencanakan masa depan moms sekarang.

Speak Your Mind

*