Tanaman yang Perlu Diamankan dari Hujan

Tanaman yang Perlu Diamankan dari Hujan

Hujan memang diperlukan bagi tanaman sebagai sumber alternatif pemenuhan kebutuhan air agar berbagai proses metabolisme dalam mempertahankan hidup dan proses tumbuh kembangnya semakin optimal. Namun demikian, guyuran air hujan yang kemudian menggenang karena sistem drainase ataupun aerasi tanah yang buruk, justru dapat menjadi racun yang mematikan bagi tanaman tertentu. Menurut beberapa sumber, dikatakan bahwa pembusukan yang terjadi pada akar serta batang bagian bawah, dapat menyebabkan jamur dan bakteri berkembang pesat, sehingga akhirnya membuat tanaman menjadi layu dan mati. Apa saja jenis dan macam tanaman yang perlu diamankan dari hujan agar tidak layu dan kemudian mati?

Berikut beberapa jenis dan macam tanaman yang perlu diamankan dari hujan, baik tanaman produktif ataupun tanaman hias sebagaimana diolah dari berbagai sumber:

  • Adenium
    Adenium merupakan salah satu jenis tanaman hias yang tidak tahan terhadap air, apalagi air hujan. Menurut salah seorang penggemar tanaman hias, dikatakan bahwa tanaman adenium ini akan mati saat terjadi kombinasi dari keadaan dingin dan basah ataupun dengan terlalu banyak air pada media yang lengket dan drainase-nya tidak bagus. Untuk menghindarinya, rajin-rajin melakukan aerasi tanah serta penambahan arang pada dasar pot dapat mengurangi terjadinya genangan air.
  • Palem Bambu atau Reed Palm
    Bambu palm merupakan salah satu tanaman hias yang dapat tumbuh subur pada area yang lembab. Palem bambu dapat bertahan dalam ruangan, namun dapat membusuk dan terserang penyakit apabila terlalu lama terpapar genangan air, terutama air hujan yang menggenang akibat buruknya aerasi tanah serta sistem drainase. Untuk mencegah pembusukan, perbaikan aerasi media tanam, sistem drainase serta pemasangan plastik transparan sebagai pelindung curah hujan secara langsung hendaknya dilakukan.
  • Melon dan Semangka
    Salah satu jenis tanaman yang perlu diamankan dari hujan karena mudah membusuk akibat genangan air adalah semangka dan melon. Buah semangka dan melon yang tumbuh diatas permukaan tanah ini akan mudah membusuk ketika air hujan tidak segera mengalir atau meresap ke dalam tanah. Perbaikan sistem drainase yang digabungkan dengan pemasangan plastik pelindung di sekitar tanaman dapat dilakukan agar tanaman buah produktif ini tidak mudah membusuk.
  • Cabe dan Tomat
    Kedua jenis tanaman produktif ini sangat rentan mengalami pembusukan serta gangguan jamur dan bakteri apabila terpapar langsung dengan air hujan. Penggunaan pestisida serta fungisida 2 jam pasca guyuran hujan harus dilakukan agar tanaman ini tidak rusak. Untuk versi hematnya, penggunaan tudung pelindung hujan yang terbuat dari kerangka kayu yang dilapisi plastik transparan dapat digunakan untuk mencegah interaksi tanaman ini secara langsung dengan air hujan.

Demikianlah beberapa jenis dan macam tanaman yang perlu diamankan dari hujan, baik tanaman produktif ataupun tanaman hias yang sebaiknya perlu diketahui. Segera lakukan upaya-upaya preventif sebagaimana disebutkan di atas agar tanaman ini tidak segera layu dan mati. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Speak Your Mind

*