Teknik Dasar Pernapasan Yoga

Teknik Dasar Pernapasan Yoga

Kata yoga berarti “persatuan” dalam bahasa Sansekerta, bahasa India kuno di mana yoga berasal. Kita dapat berpikir tentang persatuan yang terjadi antara tubuh, pikiran, dan jiwa. Apa saja teknik dasar pernapasan yoga? Latihan pernapasan yoga yang disebut pranayama dalam bahasa sansekerta, dapat dilakukan sesuai dengan pose yoga atau hanya sambil duduk dengan tenang.

Bernapas adalah salah satu fungsi yang penting bagi manusia. Secara tidak disadari kita melakukan aktivitas yang disebut bernapas. Tanpa sadar kita menghirup udara dan melepaskannya. Sebetulnya kita dapat mengontrol aktivitas tersebut, yaitu dengan melakukan latihan pranayama. Salah satu dari lima prinsip yoga adalah pranayama atau latihan pernapasan yang mempromosikan pernapasan yang tepat. Dalam titik pandang yoga, pernapasan yang tepat adalah untuk membawa lebih banyak oksigen ke dalam darah dan otak, dan untuk mengontrol Prana atau energi kehidupan vital.

Pernapasan yoga pada dasarnya adalah seperti mengirim faks ke sistem saraf Anda dengan pesan untuk bersantai. Berikut adalah teknik dasar pernapasan yoga:

  • Duduklah dengan nyaman di kursi.
  • Tutup mata Anda dan bayangkan seekor angsa yang meluncur dengan damai di danau
  • Seperti angsa, biarkan napas Anda mengalir dalam kedamaian. Idealnya, hirup dan hembuskan napas melalui hidung.
  • Jika hidung Anda tersumbat, cobalah kombinasikan antara hidung dan mulut, atau hanya menggunakan mulut.
  • Perpanjang napas Anda secara maksimal senyaman mungkin (hiruplah senyaman Anda mampu, dan hembuskan semaksimal mungkin) dan ulangi kegiatan ini sebanyak 20 kali, kemudian secara bertahap biarkan napas Anda kembali normal.
  • Duduklah beberapa saat dengan mata tertutup dan Anda dapat melihat perbedaan bagaimana perasaan Anda secara keseluruhan. Dapatkan Anda bayangkan betapa santai dan tenangnya yang akan Anda rasakan setelah 10-15 menit melakukan pernapasan yoga?

Pranayama merevitalisasi tubuh seseorang. Selain itu, dengan berlatih pranayama dapat memantapkan emosi dan menciptakan kejelasan pikiran dan diharapkan dapat mencapai keseimbangan dalam hidup Anda. Semoga dengan membaca teknik dasar pernapasan yoga yang dituliskan di atas, dapat memberikan manfaat.

Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Yuk bergabung bersama banyak moms lain yang sudah menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Klik di sini ya. Tidak ada kata terlambat, rencanakan masa depan moms sekarang.

Speak Your Mind

*