Tinggal Bersama Mertua

Tinggal Bersama Mertua

Setelah menikah tinggal di mana? Banyak orang yang menanyakan ataupun ditanya demikian. Banyak pengantin baru yang memilih hidup terpisah dari kedua orang tua pasangan, atau ada juga yang tinggal bersama orang tua atau tinggal bersama mertua dengan alasan finansial, agar ada yang menjaga anak, atau agar bisa sekaligus menjaga orang tua yang sudah lanjut.
Tinggal bersama mertua memang memiliki beberapa kelebihan, seperti tidak perlu memikirkan biaya tinggal dan bila sudah mempunyai anak, akan ada yang bisa membantu mengasuh. Tapi bukan berarti tinggal bersama mertua tanpa masalah. Justru biasanya akan memicu beberapa masalah jika tidak bijak dalam menghadapinya.
Wanita biasanya yang paling sering mengalami konflik dengan ibu mertua bila pengantin tinggal bersama mertua. Ibu mertua biasanya akan melihat sebaik apa menantunya merawat suami (anak ibu mertua). Tak mengherankan bila ibu mertua biasa memberi komentar atas apa yang dilakukan oleh menantu perempuannya.
Bila Anda tidak bijak dalam menghadapinya, hubungan Anda dan keluarga pasangan malah bisa bermasalah. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat tinggal bersama mertua.

1. Kenali karakter keluarga pasangan
Mungkin selain orang tua ada juga saudara ipar yang tinggal di rumah mertua. Untuk menghindari konflik, kenali karakter masing-masing anggota keluarga. Coba memahami apa yang mereka suka atau tidak sukai. Hargai kebiasaan keluarga pasanga Anda.

2. Komunikasikan dan samakan pandangan
Kadang mertua turut campur dalam masalah keluarga Anda, misal masalah pengasuhan anak. Bila ini terjadi, komunikasikan pandangan Anda dan coba samakan pandangan Anda dan mertua. Mungkin ibu mertua merasa dia lebih berpengalaman, Anda merasa lebih pintar dan up to date. Cobalah mendiskusikannya dengan kepala dingin.

3. Jangan banyak mengeluh
Jangan mudah mengeluh pada suami mengenai keluarganya pun konflik keluarganya. Hal ini malah bisa memicu pertengkaran antara suami dan Anda, atau suami dan keluarganya.

4. Hadiah untuk mendekatkan
Hadiah kecil yang disukai bisa mendekatkan hubungan Anda dengan mertua dan keluarga pasangan Anda.

Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Yuk bergabung bersama banyak moms lain yang sudah menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Klik di sini ya. Tidak ada kata terlambat, rencanakan masa depan moms sekarang.

Speak Your Mind

*