Tips ASI Tetap Lancar Untuk Ibu Bekerja

Tips ASI Tetap Lancar Untuk Ibu Bekerja

Tips ASI tetap lancar untuk ibu bekerja adalah hal yang paling dibutuhkan para ibu. Bekerja sambil menyusui adalah tantangan yang tidak mudah. Keinginan para ibu untuk memberikan nutrisi terbaik bagi anaknya terbentur dengan kebutuhan untuk bekerja dan membantu suami menjaga kondisi finansial keluarga tetap stabil.

Ada beberapa hal yang bisa ibu lakukan untuk menghadapi tantangan ini. Pertama, ibu harus berkomitmen. Mungkin ibu akan mengalami kebosanan memompa ASI, menghadapi rasa malu ketika terpaksa memompa di tempat seadanya, bahkan mendapat cibiran dari teman kerja. Akan tiba masa Anda ingin membuang pompa ASI dan beralih ke susu formula. Ibu pun akan mengalami kekhawatiran akan bayi yang menolak menyusu ASI perah dari botol, rewel karena yang menyusui bukan ibunya, dan sebagainya. Namun, ketika Anda sudah berkomitmen untuk memberikan ASI kepada anak, akan ada jalan melalui segala rintangan dan kecemasan.

Tips ASI tetap lancar untuk ibu bekerja yang juga dapat diterapkan adalah tetap memompa secara teratur saat ibu di kantor. Idealnya, ibu memompa setiap 2-3 jam, rentang waktu saat ASI telah memenuhi payudara sehingga bisa diperah, lalu bisa berproduksi kembali. Prinsip pemompaan ASI hampir sama dengan penyusuan langsung. Sebanyak apa yang dikeluarkan, sebanyak itu pula yang kemudian akan dihasilkan kembali oleh kelenjar susu. Selain itu, ketika Anda tidak bekerja misalnya di akhir pekan, lakukan penyusuan langsung secara fulltime, agar bayi tetap terlatih menyusu dari puting, dan payudara terangsang secara alami untuk memproduksi ASI.

Di malam hari, bayi pada umumnya akan terbangun beberapa kali untuk menyusu. Sekalipun ibu merasa lelah setelah seharian bekerja, nikmatilah acara menyusui di tengah malam ini. Selain mengikat batin ibu dan bayi, malam hari adalah waktunya ASI berproduksi secara maksimal.

Tips terpenting agar ASI tetap lancar untuk ibu bekerja adalah menjauhi stres dan merawat diri dengan baik. Stres dan perasaan depresi sangat mudah menurunkan produksi ASI secara drastis. Sebaliknya, saat Anda merawat diri dan menyadari diri Anda berharga, perasaan bahagia akan mengalir, begitu pula air susu bagi bayi Anda.

Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Yuk bergabung bersama banyak moms lain yang sudah menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Klik di sini ya. Tidak ada kata terlambat, rencanakan masa depan moms sekarang.

Speak Your Mind

*