Tips Memancing di Laut

Tips Memancing di Laut

Menurut beberapa pemancing profesional, dikatakan bahwa memancing ikan di laut memiliki berbagai macam keuntungan dibandingkan memancing di daerah danau, sungai, ataupun waduk. Selain fleksibilitas waktu, memancing di laut juga sebenarnya lebih variatif, karena terdapat berbagai jenis dan macam ikan yang dapat dipancing dibandingkan dengan memancing di air tawar. Masih menurut sumber yang sama, dikatakan juga bahwa banyak terdapat tempat strategis yang bisa digunakan untuk area memancing, mulai dari tepi pantai, tepi batu karang hingga pada area teluk. Agar peluang keberhasilan pemancingan yang dilakukan di laut dan sekitarnya semakin otimal, ada baiknya jika menyimak beberapa kiat dan tips memancing di laut yang bisa dijadikan pertimbangan. Apa saja kiat dan tipsnya?

Berikut beberapa kiat dan tips memancing di laut sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Tentukan Jenis Ikan
    Tentukan lebih dahulu jenis ikan yang hendak dipancing. Beberapa jenis ikan memang aktif di siang hari, sedangkan beberapa yang lain justru lebih aktif ketika matahari sudah tenggelam. Menurut beberapa pemancing profesional, dikatakan bahwa beberapa jenis ikan seperti udang dan cumi-cumi justru lebih mudah dipancing saat senja hingga malam, sedangkan beberapa yang lain justru sangat aktif di siang hari.
  • Peralatan Memancing
    Untuk memancing ikan di laut, yang perlu diperhatikan adalah jenis joran. Beberapa pemancing profesional menyarankan agar joran yang dipergunakan hendaknya joran yang kuat serta lentur. Penggunaan joran yang lentur dimaksudkan agar joran tidak patah ketika ikan besar menyambar umpan. Selain joran, perhatikan juga jenis senar yang digunakan. Akan lebih baik apabila digunakan senar diameter besar namun lentur agar mampu menahan serangan ikan ketika memakan umpan. Selain itu, pertimbangkan juga ukuran dan jumlah mata kail. Mata kail hendaknya berukuran sedang hingga besar dengan menggunakan 2 hingga 4 mata kail tiap joran.
  • Teknik Memancing
    Salah satu tips memancing di laut yang juga sangat perlu diperhatikan adalah teknik pemancingan. Menurut beberapa pemancing profesional, dikatakn bahwa teknik pemancingan dilakukan berdasarkan target ikan yang hendak diperoleh. Teknik melayang digunakan untuk memancing ikan yang berukuran sedang hingga besar, sedangkan teknik lempar jauh sebenarnya tidak perlu dilakukan apabila aktifitas memancing dilakukan di atas kapal.
  • Pelindung dan Bekal
    Perhatikan juga bahwa memancing di laut yang berangin membutuhkan perlindungan ekstra agar tubuh tetap sehat dan fit. Apalagi kalau sedang musim hujan. Persiapkan diri untuk menghadapi perubahan cuaca yang mungkin terjadi. Penggunaan jaket tebal bisa dipertimbangkan agar tubuh tidak mengalami hipotermia ketika memancing di malam hari. Pertimbangkan juga untuk membawa bekal makanan dan minuman ketika hendak berangkat memancing di laut karena pastinya tidak ada kedai yang menjual makanan atau minuman. Jangan lupakan juga penggunaan krim tabir surya ketika memancing pada siang hari agar terhindar dari kemungkinan serangan kanker kulit.

Demikianlah beberapa kiat dan tips memancing di laut yang kiranya bisa dipertimbangkan.  Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Speak Your Mind

*