Tips Memancing di Musim Hujan

Tips Memancing di Musim Hujan

Memancing merupakan salah satu kebiasaan atau kegermaran yang biasa dilakukan oleh beberapa orang yang bertujuan untuk sekedar mengisi waktu luang atau mengembangkan bakat yang dimiliki. Bagi mereka yang gemar dengan kegiatan memancing, pastinya begitu terdapat kesempatan atau waktu luang, maka kegiatan memancing ini akan segera dilakukan, tidak peduli apakah cuaca sedang cerah, mendung atau bahkan hujan. Namun demikian, memancing di saat cuaca hujan pastinya menimbulkan kesulitan tersendiri karena suhu air yang turun terkadang membuat ikan enggan makan umpan, belum lagi keadaan pelampung yang selalu bergerak sehingga susah membedakan apakan umpan dimakan ikan atau tidak. Agar kegiatan memancing di saat hujan ini jadi tambah asyik, ada baiknya jika menyimak beberapa kiat dan tips memancing di musim hujan berikut.

Berikut beberapa kiat dan tips memancing di musim hujan sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Pakaian Pelindung
    Kenakan pakaian pelindung agar tubuh tidak basah oleh siraman air hujan. Menurut beberapa pemancing, dikatan bahwa tubuh yang terus menerus tersiram hujan saat memancing dapat memicu terjadinya hipotermia yang ditandai dengan keadaan tubuh yang menggigil, tremor atau bahkan ketidakmampuan mengendalikan pancing dan joran.
  • Teknik melayang
    Pada saat hujan lebat, biasanya ikan enggan bergerak di permukaan, sehingga penggunaan pelampung harus di setel agak ke naik. Pelampung yang di setel agak naik akan mengakibatkan pemberat bergerak lebih dalam hingga hampir mencapai dasar. Dengan posisi umpan yang melayang, ikan yang berukuran lebih besar akan cenderung lebih senang memakan umpan.
  • Hindari tempat terbuka
    Salah satu tips memancing di musim hujan yang sebaiknya tidak diabaikan adalah menghindari tempat terbuka, apalagi jika hujan lebat yang turun diikuti dengan sambaran halilintar. Selain meminimalkan resiko tersambar petir, menghindari tempat terbuka juga meminimalkan kontak dengan air hujan yang cenderung mengakibatkan turunnya suhu permukaan tubuh dan memicu hipotermia.
  • Barel swivel
    Menurut beberapa pemancing profesional, dikatakan bahwa penggunaan penuntun umpan atau dikenal dengan dengan barel swivel, akan memperbesar peluang keberhasilan memancing saat turun hujan. Masih menurut sumber yang sama, dikatakan bahwa penggunaan barel swivel yang berfungsi sebagai stoper timah, akan menyebabkan umpan terlihat bergerak secara alami mengikuti arus air dan ikan akan lebih tertarik untuk menghampiri kail.
  • Sesuaikan umpan
    Jangan lupa untuk menyesuaikan umpan dengan jenis ikan yang hendak dipancing. Tidak semua jenis ikan memiliki ketertarikan dengan umpan yang sama. Sebagai contoh umpan cacing posphor mungkin cocok digunakan untuk memancing ikan nila, sedangkan umpan ulat daun pisang mungkin hanya cocok digunakan untuk memancing ikan mujair. Dengan menyesuaikan jenis umpan dengan ikan yang hendak dipancing, maka peluang keberhasilan akan makin besar. Ketika hujan, usahakan umpan yang dipakai lebih amis agar tidak kalah dengan aroma air hujan.

Demikianlah beberapa kiat dan tips memancing di musim hujan yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan agar kegemaran memancing yang dilakukan makin mengasyikan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Yuk bergabung bersama banyak moms lain yang sudah menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Klik di sini ya. Tidak ada kata terlambat, rencanakan masa depan moms sekarang.

Speak Your Mind

*