Tips Membangun Rasa Percaya Diri Anak

Tips Membangun Rasa Percaya Diri Anak

Malu-malu dan kadang enggan untuk berbicara terkadang biasa terjadi pada anak-anak, terutama mereka yang berusia kurang dari 10 tahun. bagi yang belum memahami, pastinya anak akan dianggap belum memiliki ketrampilan bergaul ataupun dianggap tidak mempunyai nilai kesopanan. Namun sebenarnya, apabila anak dibiasakan dengan rangsangan stimulasi yang tepat, rasa percaya diri anak akan tumbuh dengan baik dan anak tidak lagi akan menjadi pendiam ataupun pemalu. Untuk mengatasi permasalahan ini, ada baiknya jika orangtua mengetahui beberapa kiat dan tips membangun rasa percaya diri anak. Apa saja itu?

Kiat dan Tips

Berikut beberapa kiat dan tips membangun rasa percaya diri anak sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Belajar mengambil keputusan.
    Biarkan anak mengambil keputusan sendiri mengenai jenis baju yang dipilih, makanan yang hendak dimakan ataupun jenis mainan yang dikehendaki. Dengan membiarkan anak mengambil keputusan sendiri, secara tidak langsung akan melatih rasa percaya dirinya, demikian menurut salah seorang pakar psikologi anak.
  • Berani berpendapat.
    Bebas mengungkapkan apa yang ada di dalam hatinya, termasuk segala unek-uneknya ataupun pendapatnya, juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya dirinya.
  • Membaca dengan suara keras.
    Untuk anak yang berusia kurang dari 8 tahun juga secara tidak langsung bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri anak, terutama yang berhubungan dengan kemampuan akademik. Menurut salah seorang ahli pemerhati anak-anak, dikatakan bahwa dengan membaca secara keras, anak akan mudah memahami apa yang dibacanya serta meningkatkan rasa percaya dirinya ketika ditunjuk untuk menjawab pertanyaan di kelas.
  • Sosialisasi.
    Ajak anak bersosialisasi dengan siapa saja. Memang biasanya anak akan cenderung pendiam ketika berada dalam lingkungan baru yang terasa asing dan hal ini bisa saja dipicu oleh rasa tidak nyaman. Perasaan kurang nyaman terhadap lingkungan yang baru ini juga menyebabkan anak menjadi memiliki rasa percaya diri yang rendah atau kurang pede.

Demikianlah beberapa kiat dan tips membangun rasa percaya diri anak yang sebaiknya perlu diketahui orangtua. Lakukan dengan rutinitas tinggi dan sistemik agar anak terbiasa menghadapi berbagai macam lingkungan pergaulan, sehingga rasa percaya dirinya akan tumbuh seiring dengan waktu. Semoga bermanfaat.

Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Yuk bergabung bersama banyak moms lain yang sudah menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Klik di sini ya. Tidak ada kata terlambat, rencanakan masa depan moms sekarang.

Speak Your Mind

*