Tips Membuat Nasi Kuning Lezat

Tips Membuat Nasi Kuning Lezat

Bagaimana tips membuat nasi kuning lezat? Nasi kuning lebih sering dikenal sebagai makanan khas perayaan. Nasi kuning sangat terkenal di dunia sebagai salah satu khas cita rasa masakan Indonesia terutama dari pulau Jawa dan Bali. Olahan nasi kuning merupakan kuliner khas tradisional. Nasi kuning biasa digunakan untuk perayaan seperti ulang tahun, sesembahan, ritual adat tradisional dan sebagainya. Nasi kuning mempunyai arti keselamatan, sehingga ketika dalam suatu acara menghidangkan nasi kuning, si pemilik acara mempunyai harapan agar dirinya dan keluarganya akan selalu mendapatkan keselamatan. Nasi yang berwarna kuning tentunya terdapat kunyit dalam komponennya. Berikut kami sajikan tips membuat nasi kuning lezat yang dapat  mengundang selera orang untuk memakannya.

  1. Agar mendapatkan cita rasa gurih maka gunakanlah santan kental dan diberi sedikit parutan kelapa sangrai sebelum memasak nasi.
  2. Agar aroma lezat, dapat ditambahkan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon ketika nasi sudah hampir matang. Usahakan untuk terus diaduk agar air perasan jeruknya benar-benar tercampur rata. Cara ini juga menghasilkan warna nasi kuning yang akan mengkilat dan lebih menarik.
  3. Untuk menambah cita rasa kelas atas dalam nasi kuning, sebaiknya menggunakan kunyit yang sudah dibakar terlebih dahulu kemudian dikupas kulitnya dan diparut dicampurkan ke dalam santan.
  4.  Ada beberapa kalangan yang memasak nasi dipisah dengan santan, yaitu mencampurkan santan ketika nasi sudah setengah matang. Namun, untuk mendapatkan cita rasa gurih, sebaiknya masaklah nasi bersama dengan santan dan bumbu-bumbunya. Hindari untuk memasak dalam rice cooker, tetapi masaklah secara konvensional dalam dandang atau panci. Kemudian kukus nasi selama kurang lebih 45 menit, seperti mengukus nasi putih yang biasa dilakukan secara konvensional.
  5. Tips membuat nasi kuning yang terakhir adalah membuatnya semakin menarik dengan variannya. Telur dadar iris tipis, ayam goreng, abon dan kering tempe adalah varian lauk yang biasa digunakan dalam nasi kuning. Namun bila anda ingin sesuatu yang baru dan lezat, anda dapat menambahkan varian lain seperti olahan daging sapi atau daging kambing, olahan sosis atau nugget jika ingin sedikit sentuhan modern dalam nasi kuning, olahan sayuran baik sayuran mentah maupun matang dapat juga ditambahkan asalkan olahan dalam keadaan kering. Selain varian lauk, hiasan juga akan menambah menariknya nasi kuning. Pilih sentuhan berbeda dalam nasi kuning seperti penggunaan tomat, petersli, daun ketumbar dan sebagainya bila anda bosan dengan mentimun dan wortel. Bentuk nasi kuning biasanya tumpeng kerucut, namun bila anda ingin sesuatu yang unik

Demikian beberapa tips membuat nasi kuning agar makin lezat dan mantap, selamat mencoba.

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Speak Your Mind

*