Tips Mengejan yang Efektif Saat Melahirkan

Tips Mengejan yang Efektif Saat Melahirkan

Saat melahirkan, seorang ibu diharuskan mengejan sekuat tenaga agar bayi yang ada di dalam rahim bisa segera menghirup udara dunia. Akan tetapi, banyak ibu yang kurang mengerti akan hal ini. Untuk itu diperlukan pengetahuan yang cukup dalam hal mengejan. Seperti apakah tips mengejan yang efektif saat melahirkan. Mari kita simak semuanya.

Berikut ini adalah tips mengejan yang efektif saat melahirkan.

  • Untuk bisa mengejan, tunggulah sampai pembukaan jalan lahir lengkap. Hal ini juga untuk menyimpan energi sampai waktu yang dibutuhkan.
  • Waktu mengejan tiba ketika rasa mulas sudah berada di puncaknya atau ketika Anda merasakan ingin buang air besar.
  • Mengejanlah secara fokus saat ada kontraksi/pergerakan (dorongan) rahim. Hal ini karena pada saat kontraksi, otot-otot rahim dan juga jalan lahir terbuka sehingga memudahkan bayi untuk ke luar. Jika mengejan dilakukan terus menerus sekali pun tidak ada kontraksi, Anda hanya akan kehilangan tenaga dan akhirnya kecapaian.
  • Pilihlah posisi yang paling nyaman untuk mengejan. Jika posisi melahirkan Anda adalah telentang maka pastikan dagu Anda menyentuh dada dan pandangan melihat pusar saat mengejan. Hal ini agar dorongan Anda lebih kuat dan Anda tetap fokus bahwa Anda mengejan untuk mengeluarkan bayi yang sedang ada di dalam rahim.
  • Masih pada posisi telentang, tangan menarik pergelangan kaki ke arah paha saat mengejan hingga posisi tubuh Anda seperti huruf ā€˜Uā€™ akan memudahkan bayi untuk cepat ke luar.
  • Meskipun dokter maupun perawat akan memberitahu Anda saat yang tepat untuk mengejan, Anda mempunyai hak untuk mengejan kapan saja selama itu nyaman dan ada kontraksi rahim.
  • Tarik napas dalam-dalam sesaat sebelum Anda akan mengejan. Lalu keluarkan sedikit-sedikit saat Anda mengejan kecil. Dan ketika pada puncaknya, yaitu ketika dorongan rahim sangat kuat, mengejanlah dengan sekuat tenaga dan napas ditahan. Tunggu aba-aba dokter atau suster. Jika bayi ke luar maka Anda bisa mengembuskan napas panjang. akan tetapi jika bayi belum ke luar, buang napas perlahan-lahan dan ulang lagi dari awal.
  • Beristirahatlah sekitar 10 detik di antara mengejan satu ke mengejan berikutnya.
  • Pada beberapa wanita, terkadang rahim tidak berkontraksi dengan baik. Agar kontraksi bisa segera bagus (membesar) maka hal yang bisa dilakukan adalah jongkok pada saat kontraksi kecil datang.
  • Ingat selalu bahwa Anda mengejan itu menggunakan otot perut, bukan dengan otot leher, otot wajah, otot tangan, atau pun otot kaki.

Itulah beberapa tips mengejan yang efektif saat melahirkan. Yang perlu diingat sebelum waktunya untuk mengejan, usahakan Ibu dalam keadaan tenang, relax dan bahagia. Ini akan sangat membantu untuk menyimpan energi hingga saatnya mengejan tiba. Semoga bermanfaat.

Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Yuk bergabung bersama banyak moms lain yang sudah menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Klik di sini ya. Tidak ada kata terlambat, rencanakan masa depan moms sekarang.

Speak Your Mind

*