Tips Menghilangkan Trauma Persalinan

Tips Menghilangkan Trauma Persalinan

Saat si bayi lahir dan memenuhi ruang persalinan dengan tangis pertamanya, perasaan haru dan lega tentu membuncah di hati ibu dan keluarga. Akan tetapi, tidak jarang ibu yang baru saja melahirkan mengalami trauma persalinan. Trauma ini bisa muncul karena berbagai hal, dan yang paling sering terjadi adalah karena rasa sakit akibat persalinan, proses persalinan yang tidak sesuai dengan harapan ibu, buruknya pelayanan tim rumah sakit saat proses melahirkan, atau rasa takut akibat masa transisi. Demi kebaikan ibu dan bayinya, ibu serta anggota keluarga harus tahu bagaimana cara menghilangkan trauma persalinan.

Untuk menghilangkan trauma persalinan tentu harus diketahui terlebih dahulu sumber dari trauma tersebut. Oleh karenanya, konseling atau terapi dengan psikolog bisa dilakukan. Dengan berkonsultasi dengan psikolog, akan diketahui sumber trauma ibu. Dengan demikian ibu, keluarga, serta psikolog dapat mengetahui cara menangani trauma tadi. Bila trauma bersumber dari rasa takut bila tak bisa menjadi ibu yang baik, peran suami dan keluarga diperlukan untuk mendukung dan meyakinkannya bahwa sang ibu bisa menjadi ibu yang baik.

Ibu juga dapat berbagi dengan ibu yang pernah melahirkan atau mengalami trauma. Berbagi atau mendengar langsung pengalaman dari ibu yang berhasil menghilangkan trauma, tentu akan sangat membantu. Ibu merasa menemukan orang yang mengerti dirinya dan dapat memberikan solusi untuk masalahnya. Akupuntur juga merupakan salah satu tips menghilangkan trauma persalinan. Dengan akupuntur, therapist dapat menyentuh titik-titik trauma dan menyalurkan energi positif dalam diri sehingga trauma ibu berkurang dan akhirnya hilang.

Tips lain dalam menghilangkan trauma persalinan adalah dukungan dan pengertian dari suami dan keluarga. Suami dan keluarga harus memahami lelah dan sakitnya ibu selama proses melahirkan. Selain itu, ada masa transisi yang tidak hanya mengubah fisik ibu tapi juga sisi psikis ibu. Dari yang sebelumnya memiliki bayi dalam kandungan kini memiliki tanggung jawab pada seorang bayi yang sudah lahir. Oleh karenanya, suami dan keluarga harus selalu mendampingi ibu.

Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Yuk bergabung bersama banyak moms lain yang sudah menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Klik di sini ya. Tidak ada kata terlambat, rencanakan masa depan moms sekarang.

Speak Your Mind

*