Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Pada Masa Kehamilan

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Pada Masa Kehamilan

Tips menurunkan tekanan darah tinggi pada masa kehamilan. Saat hamil, seorang wanita harus menjaga tekanan darahnya agar tetap stabil. Sebab jika ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi (≥ 140/90 mmHg) atau disebut juga hipertensi, ada beberapa risiko gangguan kesehatan yang dapat terjadi, dari ringan hingga yang menyebabkan kematian.

Pada umumnya hipertensi terjadi karena faktor genetik. Jika terdapat riwayat hipertensi (terutama hipertensi saat kehamilan) dalam keluarga dekat, maka seorang wanita memiliki faktor lebih tinggi untuk mengalami hal yang sama. Namun hipertensi saat hamil juga bisa terjadi karena faktor usia (hamil di bawah usia 20 tahun atau di atas 40 tahun), obesitas, dan stres.

Tips menurunkan tekanan darah tinggi pada masa kehamilan. Untuk mengatasi hipertensi, cara paling mudah dan murah adalah dengan selalu mengonsumsi makanan sehat. Atur pola makan Anda melalui diet rendah garam, lalu perbanyak asupan potasium yang Anda bisa dapatkan dari kacang-kacangan, aprikot, dan pisang. Unsur omega 3, kalsium, dan magnesium, bisa Anda peroleh dari susu dan makanan laut. Semangka, mentimun, bawang putih, dan bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah yang melonjak.

Dengan menjaga pola makan, otomatis berat badan Anda selama hamil akan terjaga dan akan terhindar dari risiko obesitas. Selain itu, karena stres juga menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya tekanan darah tinggi, maka penting bagi Anda untuk menjaga pikiran dan mental Anda untuk tetap sehat. Hindari pikiran negatif, dekatkan diri pada Tuhan, serta perbanyak istirahat dan relaksasi agar peredaran darah tetap lancar. Imbangi semua ini dengan olahraga. Selain untuk menjaga bobot dan kebugaran tubuh, olahraga juga dapat menjadi sarana refreshing bagi emosi yang sedang tak karuan saat hamil.

Tips menurunkan tekanan darah tinggi pada masa kehamilan. Hipertensi juga dapat ditangani dengan obat-obatan. Konsultasikan dengan dokter mengenai obat yang paling aman dan minim efek samping bagi kondisi kehamilan Anda.

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Speak Your Mind

*