Tips Menyusui Bayi Pasca Melahirkan Caesar

Tips Menyusui Bayi Pasca Melahirkan Caesar

Lebih banyak wanita menginginkan dapat melahirkan bayi mereka ke dunia dengan cara yang alami, yaitu melalui persalinan normal. Namun dalam beberapa kasus, yang mungkin dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan untuk melakukan persalinan normal maka harus ditempuh persalinan secara caesar. Beberapa wanita mungkin akan kecewa dan mengaku belum siap untuk menerima kondisi yang akan dialami pasca melahirkan caesar.

Di sisi lain, beberapa wanita justru menginginkan untuk melahirkan dengan menempuh operasi caesar dengan berbagai macam latar belakang alasan. Dan akan jauh lebih siap menghadapi persalinan dan juga kondisi pasca persalinan caesar. Namun jika Anda termasuk wanita yang belum pernah mengalami persalinan caesar, artikel ini akan membantu Anda memberikan tips menyusui bayi pasca melahirkan caesar.

Menyusui bayi bukan hanya dapat dilakukan oleh ibu yang melahirkan secara normal, namun ibu yang harus menempuh persalinan caesar pun dapat menyusui bayinya, bahkan sesaat setelah melahirkan.Lalu apa saja yang perlu diperhatikan saat menyusui bayi pasca melahirkan?

Simak beberapa Tips Menyusui Bayi Pasca Melahirkan yang penting untuk Anda ketahui:

Percaya Diri
Salah satu kunci sukses menyusui adalah rasa percaya diri dari Anda. Yakin dan percayalah bahwa hanya Anda mampu menyusui bayi Anda, dan mampu memberikan yang terbaik bagi buah hati Anda. Meskipun Anda harus melahirkannya dengan persalinan caesar bukan berarti Anda tidak bisa memberikan ASI secara sempurna. Rasa percaya diri ini sangat penting karena rasa percaya diri akan membantu psikologis Anda menjadi tenang yang akan berpengaruh pada produksi air susu Anda.

Posisi
Persalinan caesar membuat Anda susah bergerak karena luka operasi pada perut Anda. Mungkin untuk permulaan Anda dapat menyusui bayi Anda dengan bantuan perawat, yang akan membantu mengatur posisi Anda menyusui sehingga proses menyusui akan nyaman bagi Anda dan juga bagi bayi Anda. Anda dapat menempatkan bayi Anda diatas bantal dipangkuan Anda dengan tangan Anda menyangga tubuh dan kepala bayi Anda. Dengan posisi ini luka jahitan pada perut Anda akan lebih aman. Yang terpenting, pastikan posisi Anda selalu dalam keadaan nyaman saat menyusui.

Percaya dukungan orang sekitar
Bagi seorang ibu yang 9 bulan mengandung dan akhirnya dapat melahirkan, wajar rasanya jika ingin berdua saja menghabiskan waktu bersama si buah hati yang sudah lama dinantikan. Namun Anda musti tahu keterbatasan Anda pasca melahirkan caesar bahwa Anda belum dapat leluasa bergerak, dan Tips Menyusui Bayi Pasca Melahirkan Caesar menyarankan bahwa tidak ada salahnya memberikan kesempatan pada orang-orang sekitar untuk membantu Anda. Mereka dapat membantu dengan meletakkan bantal-bantal dimana Anda memerlukan untuk bersandar, menopang bayi Anda dan juga menopang lengan Anda saat Anda menyusui bayi Anda. Anda juga mungkin membutuhkan bantuan mereka untuk mengambil atau meletakkan kembali bayi Anda di tempat tidurnya. Atau juga sekedar mengambil tissue atau saputangan untuk membersihkan mulut bayi Anda yang terkena air susu saat dia usai menyusu dari Anda.

Penting bagi Anda untuk mengetahui kondisi Anda sendiri, dan janganlah segan untuk meminta bantuan kepada orang-orang sekitar Anda saat Anda memerlukan pertolongan. Sangat baik jika Anda terus berlatih perlahan untuk bergerak seperti saat normal, dan semakin Anda sering bergerak akan semakin mempercepat kondisi Anda kembali pulih. Namun, jangan pernah memaksakan diri untuk bergerak jika memang Anda merasakan sakit, karena akan membahayakan luka sayatan pasca operasi caesar Anda.

Obat pereda nyeri juga biasanya diberikan bagi ibu pasca menjalani persalinan caesar. Dimana obat pereda nyeri ini biasanya tidak berbahaya untuk bayi Anda. Namun Tips Menyusui Bayi Pasca Melahirkan Caesar menyarankan, sebaiknya Anda tetap berhati-hati dan cobalah untuk tidak tergantung pada obat pereda nyeri ini jika kondisi Anda sudah memungkinkan. Semoga Tips Menyusui Bayi Pasca Melahirkan Caesar ini dapat membantu Anda untuk sukses memberikan ASI bagi bayi Anda. Selamat memberikan ASI!

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Speak Your Mind

*