Tips Perawatan Vagina Pasca Melahirkan

Tips Perawatan Vagina Pasca Melahirkan

Melahirkan secara normal adalah sebuah anugerah karena tidak semua orang bisa melahirkan dengan cara itu. Sebagian wanita diharuskan menjalani operasi caesar karena beberapa faktor dimana kondisi ini diambil demi kebaikan ibu dan bayi dan dikandung. Bagi wanita yang melahirkan melalui operasi caesar karena ketidakseimbangan bentuk tulang panggul atau karena memang telah diprediksi akan melahirkan secara caesar, maka vagina tidak akan mengalami luka. Namun bagi wanita yang melahirkan secara normal, ada kemungkinan terjadi luka yang mengakibatkan rasa perih dan bengkak. Bagaimana tips perawatan vagina pasca melahirkan? Sedikit tips dibawah ini semoga bisa membantu.

Menjaga kebersihan vagina

Vagina yang terluka, sebisa mungkin dijaga agar tidak terkena infeksi. Mengingat sedang mengalami masa nifas dimana “kotoran” dari rahim terkuras keluar sedangkan vagina sedang terluka. Apabila kebersihan tidak terjaga maka bisa menimbulkan infeksi.

Kompres dengan batu es

Perawatan vagina pasca melahirkan dapat dilakukan dengan mengompres vagina dengan es batu yang diletakkan dalam selembar kain. Hal ini mencegah labia membengkak. Namun apabila labia membengkak karena kelebihan cairan, maka tidak perlu dikompres dengan es batu. Dalam waktu beberapa hari, ukuran akan kembali normal.

Senam kegel

Untuk memperkuat dasar panggul, latihan kegel perlu dilakukan. Fungsi yang lain adalah membantu menjaga kontinensia kemih yaitu kemampuan dalam mengendalikan buang air kecil. Gerakan senam pasca melahirkan ini tidak memerlukan energi yang banyak, hanya melatih otot-otot pada vagina saja. Perlu ketelatenan dan konsentrasi agar hasil optimal dan tepat sasaran.

Hati-hati saat duduk

Ketika hendak duduk, sebaiknya dilakukan dengan hati-hati. Hal ini untuk menjaga dari akibat peregangan. Bagian pantat diusahakan tetap dalam kondisi rapat. Salah satu cara yang praktis adalah menggunakan bantal berbentuk donat, yaitu bantal bundar dengan lubang yang lebar di tengahnya.

Tetap selalu waspada

Setelah melakukan tindakan preventif, tetap perlu kewaspadaan tentang terjadinya infeksi. Pada umumnya akan timbul rasa panas, nyeri dan bengkak. Bahkan bisa menimbulkan luka bernanah. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera menghubungi petugas kesehatan yang berkompeten agar bisa segera ditangani dan tidak menambah parah lukanya.

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Speak Your Mind

*