Tips Perawatan Wajah sesuai Jenis Kulit

Tips Perawatan Wajah sesuai Jenis Kulit

Memiliki kulit wajah yang sehat, bercahaya dan bebas dari jerawat adalah idaman setiap wanita. Namun tentunya memiliki kulit wajah yang  sehat bukanlah secara instan tetapi dengan menggunakan langkah-langkah perawatan wajah yang teratur. Perawatan yang salah akan mengakibatkab wajah kelihatan kusam, berjerawat atau masalah kulit lainnya seperti komedo dan flek hitam. Hendaknya perawatan wajah disesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki supaya mendapatkan hasil yang optimal. Berikut tips perawatan wajah sesuai jenis kulit .

Langkah 1 : Kenali Jenis Kulit Anda

Mulailah dengan mengetahui jenis kulit Anda. Kemudian Anda akan tahu bagaimana cara merawatnya. Jenis kulit ada 5 macam yaitu :

  • Kulit kering terkelupas, bersisik, atau kasar.
  • Kulit berminyak adalah mengkilap, berminyak, dan mungkin memiliki pori-pori yang besar.
  • Kulit kombinasi kering di beberapa tempat (pipi) dan berminyak pada orang lain (dahi, hidung, dan dagu).
  • Kulit sensitif mungkin menyengat, membakar, atau gatal setelah Anda menggunakan beberapa makeup atau produk lainnya.
  • Kulit normal seimbang, jelas, dan tidak sensitif.

Langkah 2: Membersihkan

  1. Normal / Kulit Kombinasi
    Jangan sembaranganmenggunakan sabun apapun di kamar mandi atau di wastafel untuk mencuci wajah Anda. Anda tidak perlu membeli produk mahal yang mewah, Anda hanya perlu mencari perawatan kulit yang cocok untuk kulitAnda. Gunakan pembersih yang lembut atau sabun dan mencucinya, jangan menggosok wajah Anda. Bilas dengan banyak air hangat, kemudian menepuk kering. Jika kulit Anda bertambah kering atau menjadi berminyak, Gantilah  pembersih muka yang berbeda.
  2. Kulit Kering
    Jika Anda memiliki kulit kering, gunakan pembersih yang lembut yang tidak memiliki alkohol atau wewangian. Bahan-bahan yang dapat mengeringkan kulit Anda. Basuhlah kulit Anda, lalu bilas dengan banyak air hangat. Jangan gunakan air panas karena menghilangkan minyak alami dari wajah Anda lebih cepat. Cobalah pengelupasan seminggu sekali untuk menyingkirkan sel-sel kulit terkelupas. Ini akan membuat kulit Anda cerah.
  3. Kulit Berminyak
    Jika kulit Anda berminyak, gunakan pembersih bebas minyak berbusa untuk mencuci wajah Anda. Bilas dengan banyak air hangat. Anda mungkin ingin menggunakan toner atau astringent setelah Anda mencuci wajah Anda, tapi hati-hati karena mungkin mengiritasi kulit Anda. Toner bisa menghilangkan minyak ekstra, membuat wajah Anda tidak mengkilap, dan membantu menjaga kulit bersih.
  4. Kulit Sensitif
    Jika kulit Anda sensitif, cuci dengan pembersih yang sangat lembut dan bilas dengan air hangat. Pastikan untuk menepuk-nepuk, jangan menggosok. Pengelupas bisa membuat iritasi kulit sensitif. Cobalah untuk tidak menggunakan produk yang memiliki alkohol, sabun, asam, atau aroma. Sebaliknya, melihat pada label untuk bahan menenangkan seperti lidah buaya, chamomile, polifenol teh hijau, dan gandum. Semakin sedikit kandungan bahan-bahan kimia dalam produk perawatan kulit, maka semakin sehat kulit Anda.

Langkah 3: Melembabkan

Anda mungkin berpikir bahwa Anda terlalu muda membutuhkan pelembab  atau kulit Anda terlalu berminyak  tapi semua jenis kulit membutuhkan kelembaban. Pelembab membantu menjaga kulit Anda dari kekeringan. Gunakan setiap hari, tidak peduli apa jenis kulit yang Anda miliki. Oleskan saat kulit Anda masih basah setelah mencuci muka atau membilas untuk membantu menyegel kelembaban. Jika Anda memiliki jerawat atau kulit Anda berminyak, temukan pelembab yang ringan dan bebas minyak, sehingga tidak menghalangi pori-pori Anda.

Langkah 4: Gunakan Sunscreen

Pelembab Anda mungkin sudah memiliki tabir surya di dalamnya. Tetapi sangat baik untuk menggunakan tabir surya yang terpisah, juga. Matahari dapat merusak kulit Anda hanya dalam 15 menit. Meskipun Anda masih muda, Anda bisa mendapatkan kanker kulit. Carilah tabir surya yang bekerja terhadap kedua UVA dan UVB dengan SPF minimal 30. Pakai setiap hari, bahkan jika cuaca mendung. Pakai tabir surya kembali setiap dua jam.

Kapankah  Harus Mencuci Wajah

Mencuci wajah terlalu sering dapat mengeringkan kulit, sekali dalam sehari sudah cukup bagi kebanyakan orang. Di pagi hari, bilas wajah Anda dengan air hangat. Gunakan handuk lembut untuk menepuk, jangan menggosok. Pada malam hari, cucilah wajah dengan pembersih atau sabun lembut membantu menyingkirkan kotoran hari dan makeup. Jika Anda berolahraga, bermain olahraga, Anda mungkin ingin mencuci wajah Anda sesudahnya dengan pembersih yang lembut. Keringat dapat menyumbat pori-pori dan membuat jerawat lebih buruk.

Jangan Memakai Makeup saat Tidur

Ketika Anda lelah, pasti akan tergoda untuk pergi tidur tanpa mencuci wajah Anda. Tapi meninggalkan riasan pada kulit Anda dapat menyumbat pori-pori Anda dan menyebabkan jerawat. Jadi gunakan pembersih yang lembut atau make up remover untuk mencucinya. Gunakan kain lembut atau kapas pembersih. Jika Anda menggunakan obat jerawat, sekarang adalah saat yang tepat untuk memakainya saat wajah Anda bersih dan tidak memakai riasan wajah.

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Speak Your Mind

*