Tips Pola Hidup Hemat

Tips Pola Hidup Hemat

Hampir semua orang merasa kesulitan untuk menjalani pola hidup hemat. Meski sudah berniat untuk menghemat sedikit uang, rencana ini menjadi buyar saat uang dalam genggaman dan ada banyak barang yang menarik untuk dibeli. Ini menunjukkan bahwa hidup anda harus punya perencanaan matang terutama dalam merencanakan kemana uang anda harus dikeluarkan.

Beberapa tips berikut mungkin bisa membantu anda untuk menerapkan pola hidup yang lebih hemat:

1. Buat Anggaran untuk Mengalokasikan Dana Dengan Tepat

Jika anda merasa selalu kalap setiap kali menerima gaji bulanan sehingga tidak ada yang tersisa, itu berarti anda harus punya perencanaan yang lebih matang tentang uang anda. Artinya, anda harus membuat sebuah anggaran agar semua uang yang anda keluarkan menjadi jelas dan tidak berlebihan. Jangan lupa untuk memasukkan biaya tak terduga dalam anggaran untuk mengantisipasi keadaan ketika tiba-tiba anda harus membayar biaya dokter, menjenguk teman yang sakit, dan sebagainya. Bila memungkinkan, sisihkan sebagian uang untuk ditabung dan berinvestasi agar anggaran tersebut menjadi lebih berjangka panjang.

2. Selalu Buat Daftar Belanja dan Patuhi

Belanja bulanan tentu selalu menjadi agenda rutin saat anda sudah menerima gaji di awal atau akhir bulan. Agar kantong tidak jebol karena terlalu banyak belanja, anda harus membuat daftar belanja agar tercipta pola hidup hemat dan usahakan selalu mematuhinya. Catat semua hal yang anda perlukan dan penuhi poin-poin yang paling penting dan mendesak terlebih dahulu. Sebisa mungkin jangan ada hal yang terlupa untuk masuk ke dalam daftar. Karena jika ada satu barang di luar daftar yang anda beli, maka kemungkinan anda untuk membeli barang lainnya selalu saja ada hingga pengeluaran akan jauh lebih besar dari pada yang dianggarkan. Semisal anda perlu menambah koleksi pakaian atau sepatu, anda bisa menunda kebutuhan ini jika memang masih banyak pakaian dan sepatu yang layak anda pakai.

3. Tak Perlu Melihat Orang-Orang yang Lebih Mampu  

Godaan untuk belanja atau menghabiskan uang di jalan lain selalu saja ada di sekitar kita; dari teman ataupun dari sekedar menonton acara televisi. Jika anda berbelanja, sebaiknya tidak perlu bersama teman-teman karena kemungkinan anda untuk menghabiskan uang lebih banyak tentu akan jauh lebih besar. Apalagi jika anda berbelanja bersama teman yang lebih kaya; tak akan ada habisnya barang yang bisa dibeli dan ini akan membuat kantong anda jebol. Selain itu, kurangi menonton acara TV yang selalu menunjukkan gaya hidup glamour karena sedikit banyak akan berpengaruh pada cara anda mengatur keuangan anda sehingga pola hidup hemat akan sulit dilaksanakan.

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Speak Your Mind

*