Trik Menumbuhkan Minat Baca pada Anak

Trik Menumbuhkan Minat Baca pada Anak

Memang bukanlah hal yang mudah untuk munumbuhkan minat baca pada anak, terutama bagi mereka yang memang belum lancar membaca, sehingga menimbulkan kesulitan tersendiri ketika dipaksa untuk belajar membaca, apalagi jika anak merasa dipaksa untuk melakukan kegiatan belajar membaca ini. Namun jangan khawatir, beberapa kiat dan trik menumbuhkan minat baca pada anak di bawah ini mungkin bisa membantu.

Berikut beberapa tips dan trik menumbuhkan minat baca pada anak sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Mengenal Huruf
    Sebelum anak dapat membaca dengan baik dan benar, pastikan anak sudah mengenal huruf dengan lancar. Biasanya anak tidak memiliki minat membaca karena masih mengalami kesulitan dalam mengenal huruf maupun mengeja kata dengan baik.
  • Belajar.
    Sebagian besar penyebab anak tidak gemar membaca adalah kemampuan membaca mereka yang masih cenderung belum lancar, sehingga kesulitan untuk memahami apa yang telah mereka baca, karena mereka cenderung lebih fokus pada cara membaca dan bukan apa arti dari bacaan tersebut.
  • Cerita.
    Mengenalkan anak pada buku cerita yang disertai dengan gambar ilustrasi, merupakan salah satu langkah awal yang paling mudah untuk dilakukan, demikian menurut salah seorang pakar pendidikan anak. Sambil membacakan buku cerita sebelum berangkat tidur, secara tidak langsung akan menumbuhkan minat anak untuk membaca. Apalagi jika cerita yang dibacakan termasuk cerita yang menarik dan hendaknya orangtua merangsangnya dengan potongan cerita yang tidak komplit sehingga menumbuhkan rasa penasaran anak.
  • Reward.
    Berlakukan reward sebagai salah satu rangsangan agar anak mau membaca. Misalnya berikan reward dengan membelikan permintaan anak apabila anak telah berhasil menyelesaikan membaca sebuah buku hingga komplit. Uji juga pengetahuan anak akan sebuah buku yang telah diselesaikan dengan menceritakan kembali apa yang sudah dibacanya dengan bahasanya sendiri.
  • Rutinitas.
    Orangtua hendaknya menumbuhkan rutinitas membaca dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimanapun juga anak akan selalu mencontoh kebiasaan orangtua dalam keseharian, sehingga apabila orangtua juga ikut menmbuhkan rutinitas membaca dalam keseharian, secara tidak langsung anak juga akan meniru kebiasaan ini. Seperti kata pepatah, buah jatuh tidak akan jauh dari pohonnya.

Demikanlah beberapa tips dan trik menumbuhkan minat baca pada anak yang kiranya bisa dipertimbangkan orangtua. Namun demikian, orangtua hendaknya juga harus tetap sabar ketika mengajari anak membaca sehingga menimbulkan ketenangan dan ketenteraman bagi anak. Semoga bermanfaat.

Moms, sudahkah anda memanfaatkan waktu luang anda di internet untuk menghasilkan uang? Belajar bisnis online langsung praktek bersama Dini Shanti  Klik di sini ya untuk informasi lengkapnya! Jangan tunda lagi, sekarang jamannya bisnis online!

Speak Your Mind

*